Nyeri Persendian Adalah Gejala Fibromyalgia?

Loading...

fibromyalgiaNyeri di persendian leher mungkin saja gejala fibromyalgia

Apa itu Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah gangguan umum dan kronis. Dokter mendiagnosa fibromyalgia berdasarkan gejala dan pemeriksaan fisik pasien. Pasien mengalami nyeri dan kekakuan pada otot, tetapi tidak ada temuan terukur pada X-ray atau tes laboratorium. Sementara fibromyalgia tidak merusak sendi atau organ, rasa sakit yang konstan dan kelelahan dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan sehari-hari.

Lebih dari 12 juta orang Amerika menderita fibromyalgia. Kebanyakan dari mereka adalah wanita mulai usia 25-60 tahun. Wanita 10 kali lebih mungkin untuk mendapatkan penyakit ini dibandingkan laki-laki.

Para ahli mengatakan mungkin ada sejumlah faktor. Namun, tidak ada yang benar-benar yakin apa yang menyebabkan fibromyalgia. Faktor-faktor seperti peristiwa traumatis, stres, atau emosi dapat dihubungkan dengan timbulnya fibromyalgia.

Gejala Fibromyalgia

Fibromyalgia menyebabkan Anda merasakan sakit di seluruh badan. Bahkan mungkin saja memiliki gejala kelelahan yang terasa melumpuhkan. Anda mungkin mengalami pembengkakan, gangguan saat tidur nyenyak, dan gangguan mood atau depresi.

READ:  Diet Sehat Bagi Penderita Fibromyalgia

Otot-otot Anda akan terasa seperti telah terlalu banyak bekerja atau ditarik dari segala arah. Otot ini akan terasa seperti itu bahkan terjadi tanpa latihan, olahraga atau penyebab-penyebab lainnya. Terkadang, otot-otot tubuh Anda akan terasa berkedut, seperti terbakar, ataupun rasa nyeri yang menusuk. Beberapa pasien yang mengalami fibromyalgia akan merasakan nyeri dan sakit di sekitar persendian terutama di bagian leher, bahu, punggung, dan juga pinggul. Hal ini membuat penderita fibromyalgia mengalami kesulitan untuk tidur maupun berolahraga.

Gejala fibromyalgia lainnya termasuk:

– Nyeri perut
– Kecemasan dan depresi
– Sakit kepala
– Kesulitan mempertahankan tidur
– Mulut, hidung, dan mata kering
– Kelelahan
– Hipersensitivitas terhadap dingin dan/atau panas
– Tidak mampu berkonsentrasi (disebut “fibro fog”)
Irritable bowel syndrome
– Mati rasa atau kesemutan di jari-jari dan kaki
– Kekakuan

Fibromyalgia dapat menyebabkan tanda-tanda dan perasaan yang mirip dengan osteoarthritis, bursitis, dan tendinitis. Beberapa ahli memasukkannya ke dalam kelompok gangguan rematik. Sementara rasa sakit bursitis atau tendinitis terlokalisir pada area spesifik tertentu, rasa sakit dan kekakuan pada fibromyalgia lebih luas.

READ:  Apa itu Fibromyalgia?

Tidak ada tes laboratorium khusus untuk mendiagnosa fibromyalgia. Untuk membuat diagnosis yang akurat, dokter Anda akan bergantung pada pemeriksaan fisik komprehensif dan riwayat medis Anda. Fibromyalgia adalah sebagian besar merupakan diagnosis eksklusi. Itu berarti dokter akan mengesampingkan kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala yang sama.

(photo: sharecare.com)