Apa itu Psoriasis?

Loading...

psoriasisPsoriasis pada kulit siku

Apa itu Psoriasis

Psoriasis adalah suatu penyakit peradangan kronis, kondisi kulit yang menghasilkan plak kering dan merah pada kulit yang menebal. Serpih kering dan sisik kulit diperkirakan akibat dari proliferasi cepat dari sel-sel kulit yang dipicu oleh limfosit abnormal dalam darah. Psoriasis biasanya mempengaruhi kulit siku, lutut, dan kulit kepala.

Psoriasis dianggap sebagai penyakit yang tidak dapat disembuhkan, kondisi kulit jangka panjang (kronis). Ia akan menjadi lebih baik dan lebih buruk secara spontan dan dapat memiliki remisi periodik (kulit yang bersih). Banyak orang memiliki gejala yang semakin buruk di bulan-bulan musim dingin.

Jenis Psoriasis

Ada beberapa jenis psoriasis, termasuk psoriasis vulgaris (jenis umum), psoriasis guttate (kecil, meluruh seperti totol-totol), psoriasis inverse (dalam lipatan seperti ketiak, pusar, dan bokong), dan psoriasis pustular (berisi nanah, kekuningan, kecil lepuh). Ketika telapak tangan dan telapak kaki yang terlibat, ia dikenal sebagai psoriasis palmoplantar.

Psoriasis sangat umum terjadi. Siapapun bisa mendapatkannya, tetapi seringnya dimulai pada usia 15 hingga 35 tahun. Beberapa orang memiliki psoriasis ringan yang tidak mereka duga bahwa mereka memiliki kondisi kulit medis demikian. Lainnya memiliki psoriasis sangat parah di mana hampir seluruh tubuh mereka ditutupi dengan kulit bersisik, tebal dan merah.

READ:  Diet Pernapasan, Cara Diet dalam 2 Menit

Penyebab Psoriasis

Para ahli percaya bahwa psoriasis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan, menyebabkan peradangan dan pengelupasan kulit.

Dalam beberapa kasus, psoriasis menurun dalam keluarga. Para peneliti sedang mempelajari keluarga besar yang dipengaruhi oleh psoriasis untuk mengetahui bagaimana cara penularannya dari orang tua kepada anak-anak mereka dan apa yang mungkin memicu kondisi tersebut.

Hal-hal yang dapat menyebabkan gejala psoriasis meningkat termasuk iklim dingin dan kering, infeksi, stres, dan kulit kering. Juga, obat-obatan tertentu, seperti obat anti-peradangan (NSAID) dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau penyakit mental tertentu, dapat memicu wabah atau membuat psoriasis menjadi lebih parah.

Merokok, terutama pada wanita, membuat Anda lebih mungkin untuk mendapatkan psoriasis dan dapat membuatnya lebih buruk jika Anda sudah memilikinya.

Psoriasis tidak menular. Ia tidak dapat menyebar dengan sentuhan dari orang ke orang.

(photo: Getty Images)