Tips Agar Sling Tipe Plasma Pada Winch Tidak Mudah Rusak

Loading...

jip offroadJip offroad

Dalam dunia offroad dikenal winch. Winch merupakan alat yang biasa terdapat pada bagian depan Jip. Winch ini berfungsi untuk membantu Jip keluar dari kubangan lumpur/air yang sangat sulit ditembus. Dalam winch terdapat sling (tali) winch. Ada 2 jenis sling winch, yaitu sling yang terbuat dari serabut baja dan plasma.

Kali ini kami akan membagikan tips agar sling tipe plasma ini tidak mudah rusak.

1. Sling plasma mudah getas ketika terkena sinar matahari langsung. Oleh karna itu, winch yang menggunakan sling plasma ini biasanya menggunakan cover untuk meminimalisir sinar matahari langsung. Untuk sling yang terkena lumpur biasanya cukup disiram/direndam dalan air, lalu digosok hingga lumpur hilang. Setelah itu, sling plasma cukup diangin-anginkan hingga kering.

2. Hindari sling plasma dari tempat lembab. Hal ini dikarenakan sling plasma mudah menyerap air sehingga akan mengalami abrasi jika kelebihan kandungan air.

3. Umumnya motor winch berhubungan langsung dengan drum, sehingga menghasilkan panas yang bisa membuat sling plasma menjadi lumer. Oleh karena itu usahakan pelindung lilitan awal sling plasma tetap pada bagian yang langsung terhubung dengan drum winch.

READ:  Cara Murah Membersihkan Jip

4. Sama halnya dengan makanan, sling plasma juga memiliki batas waktu pemakaian yang telah ditentukan oleh pabrik. Jika sudah memasuki masa kadaluarsa, sling plasma sudah tidak dapat digunakan untuk primary recovery.

5. Gunakan sleeve untuk melindungi sling dari gesekan kasar. Salah satu kelemahan sling plasma yaitu tidak tahan dengan gesekan kasar.

6. Sebaiknya gulungan sling plasma tidak terlalu tegang sehingga kelenturan sling tetap terjaga. Solusi lainnya yaitu lepas sling dan gulung terpisah dari drumnya.

7. Perhatikan fairlead khusus tali plasma. Usahakan tidak terdapat bagian yang kasar pada fairlead yang diakibatkan gesekan kotoran yang terbawa tali plasma. Bagian kasar yang timbul pada fairlead akan merusak serat halus pada sling plasma.

(photo: offroadindonesia.com)