Pertolongan Pertama Pada Ponsel Bila Terkena Air

Loading...

Ponsel jatuh di airBila ponsel terkena air

Kadang Anda secara tak sengaja menjatuhkan ponsel ke dalam tempat yang berisi air, lupa bahwa Anda menyimpan ponsel di saku celana yang akan Anda rendam atau bahkan tak sengaja terkena hujan.

Apa yang harus dilakukan? Simak artikel berikut.

1. Keluarkan baterai ponsel dan kartu sim agar kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah. Bila Anda membiarkan ponsel mengering begitu saja tanpa mencabut atau melepai baterainya, kemungkinan terjadinya korslet pada ponsel akan jadi lebih besar.

2. Bungkus ponsel, baterai dan kartu sim dengan tissue selama beberapa saat agar kering sempurna. Jangan pernah mengeringkan ponsel dengan hair dryer atau menjemurnya di bawah terik matahari. Panas yang terpapar pada ponsel secara berlebihan bisa membuat ponsel Anda rusak.

3. Tempatkan beberapa kantong silica yang berguna untuk menyerap dingin (kelembaban) atau air kedalam boks sepatu bersamaan dengan ponsel Anda agar ponsel kering sempurna. Silica biasanya berbentuk butiran kecil seperti gula dan terbungkus dalam kertas seperti teh celup. Diamkan selama satu atau 2 hari.

READ:  Samsung Galaxy S IV Resmi Diluncurkan!

4. Biarkan ponsel Anda kering dengan sendirinya. Jangan pernah menyalakan ponsel Anda langsung bila ponsel belum kering. Karena akan menyebabkan korslet yang bisa membuat ponsel Anda rusak.

5. Masukkan kartu sim dan baterai ponsel dan coba nyalakan. Bila ponsel Anda masih bisa menyala, meskipun baterainya lemah, jangan langsung men-charge ponsel dan segeralah datangi tempat resmi agar ponsel Anda bisa ditangani oleh ahlinya.

Meskipun langkah yang dilakukan tidak bisa menjamin ponsel akan bekerja sempurna seperti sediakala, paling tidak, bila Anda tahu apa yang harus dilakukan pertama kali ketika ponsel terkena air, maka akan mengurangi atau meminimalisir kerusakan yang akan terjadi.

(Photo: mytipswebsite.blogspot.com)