6 Cara Menghilangkan Bulu di Tubuh Anda

Loading...

Menghilangkan bulu kakiMenghilangkan bulu kaki

Kalau kaum pria ingin menumbuhkan beberapa bagian rambut-rambut halus di tubuhnya agar telihat lebih macho, maka wanita justru ingin menghilangkannya. Hair removal adalah proses menghilangkan rambut atau bulu di bagian tubuh yang tidak diinginkan seperti ketiak, kaki, tangan dan lain-lain. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk menghilangkan bulu-bulu halus tersebut.

Teknik apa saja? Berikut kami uraikan:

1. Mencukur

Menghilangkan bulu dengan cara mencukurnya merupakan cara yang paling mudah dan cepat. Namun sayangnya mencukur justru akan membuat bulu-bulu halus tersebut kembali tumbuh dengan cepat dan jadi lebih kasar.

Tips: Sebelum mencukur, gunakan foam yang digunakan khusus untuk mencukur atau busa sabun dan aplikasikan pada bagian tubuh yang ingin rambut-rambut halusnya dihilangkan. Gunakan alat cukur yang mempunyai strip pelembab di mata pisaunya agar mengurangi resiko terjadinya iritasi.

2. Krim Penghilang Bulu

Krim jenis ini biasanya mengandung bahan yang disebut keratolitik yang bisa melembutkan rambut-rambut halus dan dapat mempermudah dalam proses menghilangkan bulu atau rambut-rambut halus. Biasanya diaplikasikan dengan menggunakan spatula.

READ:  Cara Membuat Sanggul Simple dan Elegan

Caranya: Oleskan krim tersebut di bagian tubuh yang Anda inginkan. Diamkan beberapa saat lalu angkat krim tersebut dengan menggunakan spatula maka bulu atau rambut-rambut halus juga akan ikut terangkat. Namun jangan biarkan krim terlalu lama terkena kulit karena bisa membuat kulit jadi kering.

3. Waxing

Ini metode yang sedikit menyakitkan namun hasilnya juga lebih baik dan efisien daripada mencukur. Caranya dengan mengoleskan lilin khusus waxing di bagian tubuh yang ingin dihilangkan bulunya lalu tempelkan patch dan tunggu beberapa saat sebelum dicabut. Lakukan pencabutan dengan cepat agar tidak terlalu sakit.

Tips: Taburkan sedikit bedak pada bagian tubuh yang akan diwaxing untuk mengurangi rasa sakit pada saat pencabutan patch.

4. Sugaring

Caranya sedikit mirip dengan waxing. Namun, sugaring tidak menggunakan patch seperti waxing. Gel yang mirip seperti lilin dipanaskan lalu diaplikasikan pada bagian tubuh yang bulunya ingin dihilangkan dan tutupi lilin tersebut dengan menggunakan strip kapas, diamkan beberapa saat sebelum dicabut.

5. Elektrolisis

Ini adalah perawatan yang biasanya dilakukan di salon dan mahal, namun hasil yang didapatkan juga jauh lebih baik bahkan permanen. Perawatan ini memerlukan serangkaian tahap yang harus dilakui jika ingin hasilnya jadi baik. Sebuah jarum halus dialiri arus listrik yang sangat rendah ke folikel rambut. Perawatan jenis ini pada awalnya akan membuat kulit ketiak jadi sedikit bengkak dan kemerahan, namun akan segera hilang dalam beberapa hari.

READ:  Laser Hair Removal dan Manfaatnya

6. Laser

Sama halnya dengan elektrolisis, laser juga jenis perawatan yang termasuk mahal. Sebelum dilaser kulit akan dioleskan dengan jenis krim khusus yang memungkinkan folikel rambut menyerap energi laser sehingga memudahkan proses pada saat laser dilakukan.

Nah, jika Anda ingin menghilangkan bulu di tubuh, Anda dapat memilih salah satu dari beberapa cara di atas. Jangan lupa untuk cari tahu tentang baik buruknya masing-masing teknik tersebut. Yang terbaik, tentu saja dengan menanyakan pada dokter Anda.

(photo: seophilly.blogspot.com)