10 Makanan yang Akan Memperbaiki Mood Anda

Loading...

KalkunKalkun, salah satu makanan yang dipercaya dapat memperbaiki mood

Ada banyak makanan yang dapat membawa senyum di wajah Anda. Saat kita harus memilih makanan, lewatkan kue kering (seenak apapun rasanya, gula mendorong kacaunya suasana hati) dan pilih makanan berikut, dikutip dari divinecaroline.com:

Bayam

Sayuran berdaun hijau ini sarat dengan vitamin B folat, yang telah dikaitkan dengan depresi jika kadarnya terlalu rendah. Vitamin B membantu otak memproduksi serotonin, neurotransmitter yang mempengaruhi suasana hati dan perilaku.

Kalkun

Kalkun penuh dengan triptofan, asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin dan melatonin yang mengatur suasana hati. Karena tubuh tidak menghasilkan triptofan alami, kita harus mendapatkannya dari sumber makanan. Untuk sumber makanan asam amino bukan unggas, cobalah nanas, keju cottage, atau udang.

Kenari

Para peneliti di Massachusetts berbasis McLean Hospital menemukan bahwa suasana hati tikus membaik ketika diberi suntikan asam lemak omega-3. Kenari dan biji rami adalah sumber omega-3 non-hewani terbaik.

Susu

Susu dan produk bukan susu yang diperkaya vitamin (susu kedelai, susu almond, dll) kaya akan vitamin D, yang dapat meningkatkan produksi serotonin dan telah dikaitkan dengan berkurangnya depresi pada beberapa orang. Sebuah studi pada tahun 2008 yang dipublikasikan dalam Journal of Internal Medicine menemukan bahwa vitamin D meringankan beberapa gejala depresi.

READ:  10 Makanan Super untuk Konsumsi Setiap Hari

Kedelai

Seperti kalkun, produk kedelai seperti tahu dan edamame memiliki tingkat triptofan yang tinggi. Kacang kedelai juga memiliki peringkat rendah pada indeks glikemik, yang berarti mereka tidak menyebabkan tingkat energi melonjak terlalu cepat dan tidak akan menyebabkan suasana hati kemudian hancur.

Salmon

Jika Anda bukan seorang vegetarian, cara terbaik untuk mendapatkan dosis yang baik dari omega-3 dalam diet Anda adalah melalui salmon. Bukan penggemar salmon? Tuna dan ikan haring juga meningkatkan jumlah yang layak dari asam lemak.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang mengandung protein dan serat seperti kacang hitam juga kaya akan besi, mineral penting yang memerangi kelesuan dan memberikan kita energi.

Coklat

Hanya sedikit orang yang akan mengerutkan kening setelah mengunyak sepotong coklat di mulut mereka, tapi itu bukan hanya karena rasanya begitu enak. Coklat menyebabkan otak melepaskan endorfin dan dapat meningkatkan kadar serotonin dan mengandung senyawa, seperti phenylethylamine, yang bertindak sebagai stimulan ringan. Namun, milk chocolate tua polos tidak akan melakukannya, pilihlah dark chocolate 70% untuk memastikan manfaat kesehatan maksimal.

READ:  5 Makanan Penurun Kadar Kolesterol

Karbohidrat

Makanan kaya karbohidrat juga mempengaruhi tingkat serotonin dalam tubuh, tetapi karbohidrat sederhana dengan tepung putih sebagai bahan primer meningkatkan produksi insulin dengan sangat cepat sehingga getaran rasa nyaman yang kita peroleh setelah menelannya dengan cepat berubah menjadi kemarahan. Tetaplah dengan biji-bijian seperti gandum, beras merah, dan roti gandum, yang semuanya mengandung vitamin B juga.

Pisang

Selain menjadi pembangkit tenaga kalium, makan pisang menambah jumlah yang besar dari triptofan pada makanan kita. Dalam sebuah studi di Universitas Oxford, peneliti menemukan bahwa perempuan pulih dari depresi yang kekurangan tryptophan memiliki kesempatan lebih besar untuk kembali ke keadaan depresi. Pisang juga merupakan sumber dari zat besi.

Apa yang membuat makanan tertentu dapat meningkatkan suasana hati tampaknya didasarkan pada apakah mereka mengandung bahan-bahan esensial seperti asam lemak omega-3, triptofan, vitamin D, atau vitamin B. Sayangnya, apa yang kita inginkan saat kita mengalami depresi biasanya bukan biji rami atau salmon. Yang kita inginkan biasanya kentang goreng dan donat, makanan yang memberikan rasa nyaman sebentar tapi lalu membuat kita merasa lebih lamban dan murung sesudahnya.

READ:  5 Tips Menanam Tumbuhan Herbal Di Taman Rumah

(photo: bbcgoodfood.com)