Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil

Loading...

alpukatBuah alpukat

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan buah alpukat. Buah yang kaya manfaat ini tidak hanya enak diolah menjadi jus yang rasanya sangat lezat. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat. Karena kandungan di dalam buah berwarna hijau ini sangat baik untuk tubuh. Antara lain, menjaga agar kulit tetap lembab apalagi bagi wanita hamil yang biasanya kulitnya menjadi lebih sensitif dan kering yang biasanya disebabkan oleh perubahan hormon.

Lalu, apalagi manfaat buah alpukat bagi wanita hamil? Simak artikel berikut ini.

1. Alpukat mengandung asam folat yang sangat tinggi yang dibutuhkan oleh ibu hamil agar calon buah hatinya tidak terlahir cacat serta terhindar dari kerusakan otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat tidak bisa disimpan lama dalam tubuh karena termasuk dalam jenis vitamin yang larut air sehingga setelah diambil oleh tubuh akan langsung dikeluarkan melalui urine.

Untuk itu ibu hamil harus rajin mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam folat setiap harinya. Sebuah alpukat bisa mengandung 114 mikrogram asam folat. Ibu hamil direkomendasikan agar mengkonsumsi hingga 600 mikrogram asam folat dan ibu yang menyusui 500 mikrogram. Disarankan agar ibu hamil sebaiknya rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar tanpa melalui proses pemasakan. Karena sayur yang dimasak kandungan asam folatnya bisa berkurang hingga 80%.

READ:  Manfaat Air Asin untuk Kesehatan

2. Alpukat satu-satunya buah yang mengandung asam lemak jenuh tunggal yang merupakan lemak penghasil energi.

3. Alpukat juga mengandung serat yang mampu mencegah sembelit yang biasa dialami seorang wanita yang sedang hamil.

4. Kandungan kalium yang terdapat dalam buah alpukat juga bermanfaat sebagai penyeimbang tekanan darah, mengontrol debar jantung, manjaga kesehatan sistem saraf. Kalium yang terdapat dalam buah alpukat bahkan 3 kali lebih banyak dibandingkan pada buah pisang.

5. Alpukat juga banyak mengandung Glutation, yaitu senyawa fitokimiawi alami non gizi yang sanagt berkhasiat sebagai antioksidan dan pencegah kanker mulut dan tenggorokan dan mencegah atau mengurangi resiko terkena serangan jantung.

6. Selain Glutation, senyawa fitokimiawi lain yang ditemui dalam buah alpukat adalah Beta-sitoterol yang merupakan ‘lemak baik’ yang bermanfaat untuk menurunkan seluruh jenis lemak darah yang bisa memicu penyakit akibat gangguan pembuluh. Misalnya stroke dan serangan jantung.

7. Spina Brifida adalah keluarnya jaringan sumsum tulang belakang dari punggung. Hal tersebut bisa terjadi bila seorang ibu yang mengandung kekurangan asupan asam folat. Untuk itu disarankan agar ibu hamil rajin mengkonsumsi alpukat dan buah-buahan serta sayuran yang mengandung asam folat.

READ:  Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Hamil

(photo: log.viva.co.id)