Tips Agar Aman Berkemah Di Alam Bebas

Loading...

berkemah bersama keluargaBerkemah bersama keluarga

Camping atau berkemah merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Membayangkan akan tidur di alam bebas, beratapkan langit penuh bintang, menyalakan api unggun dan berlarian tanpa hambatan. Nah, kenapa tidak menyediakan waktu berkemah bersama keluarga di akhir pekan ini?

Simak tips apa saja yang perlu dipersiapkan dan diwaspadai selama berkemah bersama keluarga Anda, seperti yang kami kutip dari ehow.com.

Persiapan Berkemah

Packing untuk perjalanan berkemah akan lebih mudah jika telah tersedia daftar barang yang dibutuhkan. Bukan hanya tenda dan kantong tidur tetapi juga tabir surya, kacamata hitam, lotion nyamuk dan kotak p3k. Jangan lupakan peta dan kompas. Belajar bagaimana menggunakankan peta dan kompas dapat menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan bagi keluarga Anda dan hal ini dapat dilakukan sebelum trip berkemah yang sesungguhnya. Membawa peluit juga perlu, jika saja sewaktu-waktu ada yang tersesat atau butuh bantuan di area camping.

Di Sekitar Camp

Jelajahilah area perkemahan sesegera mungkin dan temukan kamar mandi, wc umum, taman bermain dan kantor informasi (jika tersedia). Hal ini akan membantu anak-anak untuk segera akrab dengan lingkungan yang baru. Perlihatkan setiap landmark untuk membantu mereka menemukan tenda dan ajari mereka untuk menandai lokasi tenda di peta. Peringatkan anak-anak untuk tidak meninggalkan lokasi perkemahan tanpa seizin Anda.

READ:  Liburan sambil Mendidik Anak? Kenapa Tidak?

Nyalakan Api Unggun

Bermain di sekitar api unggun sangatlah berbahaya. Membuang sampah, daun, batang, kertas atau apapun ke dalam api dapat menjadi potensi bahaya karena akan mnyebabkan api membesar dan dapat mengirimkan bunga api panas ke udara.

Hati-hati Hewan Liar

Bicarakan dengan anak-anak bahwa mereka tidak boleh meninggalkan makanan di tempat terbuka karena bisa menarik beruang, musang atau satwa liar lainnya. Binatang liar ini mungkin terlihat lucu dan sering lebih takut pada manusia tapi dapat menjadi berbahaya bila mereka merasa perlu untuk melindungi diri sendiri. Hal ini terutama berlaku pada musim semi ketika induk hewan sangat protektif kepada anak-anak mereka. Sering-seringlah mengosongkan tempat sampah di sekitar lokasi tenda dan tidak menyimpan makanan di dalam tenda untuk menghindari adanya kunjungan tiba-tiba dari binatang liar yang berusaha mendapatkan makanan.

Waspadai Tanaman Beracun

Memetik tanaman di hutan kemudian memakannya bisa berbahaya. Mungkin saja tanaman tersebut beracun, atau dapat menyebabkan sakit perut dan diare yang buruk. Identifikasi tanaman beracun seperti poison ivy kemudian tunjukkan kepada anak Anda bahwa mereka tidak boleh memetik tanaman tersebut karena akan menyebabkan ruam gatal yang disebabkan oleh minyak tumbuhan. Sebaiknya jauhi tanaman-tanaman asing yang tidak Anda ketahui dan berusahalah mencari tahu kepada petugas perkemahan demi keselamatan anak Anda.

READ:  12 Pola Penempatan Foto Dalam Rumah

Kutu Kecil Menjengkelkan

Kutu adalah serangga kecil yang biasanya terdapat pada hewan dan manusia. Parasit ini membawa kuman dan dapat menyebabkan penyakit jika menetap pada tubuh untuk waktu yang lama. Biasakanlah untuk memeriksa adakah kutu pada tubuh anak Anda. Perhatikan tempat-tempat tersembunyi seperti belakang lutut, telinga, daerah pangkal paha dan ketiak. Jangan lupa memeriksa hewan peliharaan Anda jika Anda juga membawanya ke perkemahan, karena kutu suka bersembunyi di bulu hewan.

Jadi, siap untuk memberitahukan pada buah hati Anda, bahwa Anda akan mengajak mereka berkemah di akhir pekan ini?

(photo: cheapfamilyvacationsideas.com)