Apa itu Hipotiroid?

Loading...

KecapeanGampang merasa lelah adalah salah satu gejala Hipotiroid

Apa itu Hipotiroid?

Hipotiroid berarti tiroid Anda tidak memproduksi cukup hormon tiroid. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di bagian depan leher Anda. Ia membuat hormon yang mengontrol cara tubuh Anda menggunakan energi.

Hipotiroid, juga dikenal sebagai underactive thyroid (tiroid kurang aktif), adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid, yang memasok hormon untuk menjaga metabolisme agar bekerja, tidak berfungsi dengan baik. Hal ini mengakibatkan kadar hormon esensial yang diedarkan ke seluruh tubuh lebih rendah dari yang dibutuhkan – merusak kemampuan tubuh untuk berfungsi secara efisien. Hipotiroid umumnya mempengaruhi orang dewasa, tetapi anak-anak juga dapat terpengaruh. Seringkali, istilah “hipotiroid” digunakan secara tidak benar baik untuk myxedema atau hipotiroid kongenital. Hipotiroid mengacu pada kelenjar tiroid yang kurang aktif, sementara hipertiroid mengacu pada kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

Memiliki kadar hormon tiroid rendah mempengaruhi seluruh tubuh Anda. Hal ini dapat membuat Anda merasa lelah dan lemah. Jika hipotiroid tidak diobati, dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda dan membuat Anda lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung atau stroke. Selama kehamilan, hipotiroid yang tidak diobati dapat membahayakan bayi Anda. Untungnya, hipotiroid mudah untuk diobati.

READ:  Penyebab Stress dan Cara Mengatasinya

Orang-orang dari segala usia bisa menderita hipotiroid, tetapi orang dewasa yang lebih tua lebih mungkin lagi. Wanita usia 60 tahun dan lebih tua memiliki resiko tertinggi. Anda lebih mungkin untuk mendapatkan penyakit ini jika menurun di dalam keluarga Anda.

Tanda-Tanda dan Gejala Hipotiroid

Hipotiroid dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, seperti:

– Merasa lelah, lemah, atau tertekan.
– Kulit kering dan kuku rapuh.
– Tidak mampu menahan dingin.
– Sembelit.
– Masalah memori atau mengalami kesulitan berpikir jernih.
– Periode menstruasi tidak teratur atau berat.

Gejala terjadi perlahan-lahan dari waktu ke waktu. Pada awalnya Anda mungkin tidak menyadarinya, atau Anda mungkin mengira hanya penuaan normal. Temui dokter Anda jika Anda memiliki gejala-gejala seperti ini dan tidak membaik.

Pengobatan Hipotiroid

Dokter biasanya meresepkan pil hormon tiroid untuk mengobati hipotiroid. Kebanyakan orang mulai merasa lebih baik dalam waktu satu atau dua minggu. Gejala Anda mungkin akan hilang dalam beberapa bulan. Tapi Anda mungkin akan perlu untuk tetap minum pil selama sisa hidup Anda.

READ:  Berbagai Khasiat Labisia Pumila Bagi Kesehatan

Sangat penting untuk mengkonsumsi obat persis seperti rekomendasi dokter Anda. Anda juga akan perlu mengunjungi dokter sebagai tindak lanjut kunjungan untuk memastikan Anda memiliki dosis yang tepat. Hormon tiroid yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menyebabkan masalah.