Hipertiroid dan Gejala Yang Menyertainya

Loading...

HipertiroidPemeriksaan Hipertiroid

Hipertiroid berarti tiroid Anda membuat terlalu banyak hormon tiroid. Kelenjar tiroid terletak di leher. Ia menghasilkan hormon yang dilepaskan ke dalam aliran darah untuk mengontrol pertumbuhan tubuh dan metabolisme.

Gejala hipertiroid mungkin termasuk denyut jantung yang cepat, hiperaktif, kelemahan otot, penurunan atau kenaikan berat badan mendadak, nafsu makan meningkat dan kepekaan terhadap panas. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Hipertiroid, juga dikenal sebagai overactive thyroid (tiroid yang terlalu aktif), adalah suatu kondisi medis yang disebabkan oleh tingkat abnormal tinggi hormon tiroid dalam aliran darah. Kelenjar tiroid menghasilkan jumlah yang berlebihan dari hormon tiroid.

Memiliki hormon tiroid terlalu banyak dapat membuat banyak hal dalam kecepatan tubuh Anda. Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat, memiliki detak jantung yang cepat, berkeringat banyak, atau merasa gugup dan moody.

Atau Anda mungkin tidak memiliki gejala sama sekali. Sementara dokter Anda melakukan tes untuk alasan lain, ia mungkin menemukan bahwa Anda memiliki hipertiroid.

READ:  Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin

Tanda-Tanda dan Gejala Hipertiroid

Anda mungkin tidak memiliki gejala sama sekali. atau:

  • Anda mungkin merasa gugup, murung, lemah, atau lelah.
  • Tangan Anda mungkin goyang, jantung Anda mungkin berdetak cepat, atau Anda mungkin memiliki masalah pernapasan.
  • Anda mungkin panas dan berkeringat atau memiliki kulit gatal, merah dan hangat.
  • Anda mungkin buang air besar lebih banyak dari biasanya.
  • Anda mungkin memiliki rambut rontok.
  • Anda dapat menurunkan berat badan meskipun Anda makan sama atau lebih banyak dari biasanya.

Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, hubungi dokter Anda. Tanpa pengobatan, hipertiroid bisa menyebabkan masalah jantung, masalah tulang, dan kondisi berbahaya yang disebut thyroid storm (badai tiroid).

Pengobatan Hipertiroid

Jika gejala tersebut mengganggu Anda, dokter dapat memberikan pil yang disebut beta-blocker. Ini dapat membantu Anda merasa lebih baik saat Anda dan dokter Anda memutuskan perawatan apa yang harus dilakukan.

Hipertiroid dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Jadi bahkan jika gejala tidak mengganggu Anda, Anda masih perlu perawatan.

READ:  Hipertiroidisme Terkait Dengan Kematian Akibat Penyakit Jantung

Yodium radioaktif dan obat antitiroid adalah perawatan dokter yang paling sering digunakan. Pengobatan terbaik untuk Anda akan tergantung pada sejumlah hal, termasuk usia Anda. Beberapa orang membutuhkan lebih dari satu jenis perawatan.

Yodium radioaktif adalah pengobatan yang paling umum. Kebanyakan orang yang sembuh setelah mengkonsumsi satu dosis. Ia menghancurkan bagian dari kelenjar tiroid Anda, tetapi tidak membahayakan bagian lain dari tubuh Anda.

Obat antitiroid bekerja lebih baik jika gejala ringan. Pil ini tidak merusak kelenjar tiroid Anda. Tapi mereka tidak selalu bekerja, dan Anda harus mengkonsumsi pil ini pada waktu yang sama setiap hari. Jika mereka berhenti bekerja, Anda mungkin perlu mencoba yodium radioaktif.

(photo: mutlumikrop.com)