Unik, Kode OS Android Diambil Dari Nama Makanan

Loading...

Patung Android Patung OS Android di halaman kantor Google Building 44

Tahun  2011 merupakan era berjayanya ponsel pintar Blackberry yang dapat juga disebut sebagai “ponsel sejuta umat”. Hampir semua orang memilikinya bahkan sampai anak sekolah dasar kelas satu. Kini, Blackberry perlahan mulai ditinggalkan sebab sebagian besar pengguna smartphone mulai  beralih ke ponsel berbasis Android.

Apa itu Android? Menurut Wikipedia, Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon selular seperti telepon pintar dan komputer tablet. Wal mulanya, Android dikembangkan oleh perusahaan Android Inc yang berlokasi di California, AS. Namun pada bulanJuli 2000, perusahaan ini kemudian diakuisisi oleh Google sehingga menjadi produk Google. Untuk mengembangkan Android, maka dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak dan telekomunikasi termasuk Google, Intel, Samsung, Motorola, LG dan lain – lain.

Sampai saat ini Android telah memiliki 8 versi yaitu versi 1.5 (Cupcake), versi 1.6 (Donat), versi 2.1 (Éclair), versi 2.2 (Froyo), versi 2.3 (GingerBread), versi 3.0 (HoneyComb), versi 4.0 (Ice Cream Sandwich), dan versi 4.1 (Jelly Bean).

Pernahkah terlintas di benak Anda mengapa kode sistem operasi (OS) Android selalu memakai nama makanan?  Jika Anda amati, keunikan OS Android  tidak hanya menggunakan nama hidangan penutup  untuk setiap versi. Namun, nama–nama itu memiliki huruf awal berurutan sesuai abjad yakni Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, HoneyComb, Ice Cream, Jelly Bean. Unik Bukan?

READ:  Cara Memproteksi Photo Pada Ponsel Android

Apa alasan Google menamai OS Android mereka dengan nama hidangan penutup? Tidak ada penjelasan resmi dari pihak Google mengenal hal ini.

Seperti dikutip dari CNN Tech, juru bicara Google, Randall Safara mengatakan,” Ini keputusan internal. Ketika platform Android baru dirilis, mereka akan menyandang nama-nama makanan (dessert) dan sebagian besar sesuai urutan alphabet”. Sarafa menambahkan, versi Android pertama adalah Cupcake. Kenapa bukan diawali dari huruf A atau B? Untuk dua produk sebelumnya yang dimulai dengan huruf A dan B, saya tidak terlalu mengenalnya,” ujarnya seraya menjelaskan bahwa OS tersebut dirilis sekitar empat tahun silam.

Ada versi yang mengatakan bahwa awalnya kode OS Android versi 1.0 dan 1.1 yaitu Astro dan Bender, dikarenakan alasan hak cipta dan trademark maka nama “Astro” dan “Bender” tidak bisa disematkan pada versi  OS Android ini.

Cupcake

Nama jenis pertama Android ini adalah kue mangkok yang biasanya divariasikan dengan berbagai rasa seperti vanilla, coklat atau blueberry. Fitur yang ditambahkan dalam versi ini yakni fitur merekam dan dan menonton video dalam kamera, fitur youtube dan picasa.

Donut

Jenis kedua android adalah donat. Donat adalah jenis kue berbentuk bulat dan bolong di tengahnya. Bagian atasnya biasa dilapisi dengan coklat, keju, kacang atau meises. Terdapat peningkatan fitur berupa kamera, camcorder dan galeri yang terintegrasi pada versi ini.

READ:  Panduan Dasar Membeli Ponsel Android

Éclair

Éclair adalah kue kering berisi whipped cream atau saus vla dan bagian atasnya diberi lapisan coklat. Fitur yang ditambahkan ke dalam versi ini yakni Bluetooth, flash dan digital zoom pada kamera, peningkatan Google Maps dan lain–lain.

Froyo

Jenis android yang keempat ini diberi nama Froyo yang merupakan singkatan dari Frozen Yoghurt. Yoghurt yang dalam bahasa Indonesia disebut yogurt adalah produk olahan susu yang mempunyai rasa asam. Perubahan dalam versi ini antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan dan kinerja aplikasi, V8 javascript, SD card dan Wifi.

GingerBread

GingerBread adalah kue kering rasa jahe. Di Amerika kue ini dibuat saat perayaan libur akhir tahun dan biasanya bentuknya menyerupai boneka manusia. GingerBread dirancang untuk memaksimalkan aplikasi dan gaming. Nexus S adalah ponsel pertama yang menggunakan versi Android 2.3.

HoneyComb

HoneyComb adalah sereal yang terbuat dari madu dan umumnya dibentuk sesuai dengan bentuk madu asli. HoneyComb dirancang khusus untuk tablet. Tablet pertama yang menggunakan Android versi HoneyComb adalah Motorola Xoom.

Ice Cream Sandwich

Ice cream sandwich adalah biskuit coklat yang berisi ice cream di tengah–tengahnya. Ponsel pertama yang menggunakan versi Android Ice Cream Sandwich adalah Samsung Galaxy Nexus.

READ:  Hitcase Pro, Casing iPhone Multi Fungsi

Jelly Bean

Jelly Bean adalah permen jelly yang menyerupai bentuk kacang sehingga disebut Bean. Penambahan fitur baru diantaranya peningkatan input keyboard, fitur searh, Google Now.

Key Lime Pie

Key Lime adalah kue Pie Lemon. Versi Android 5.0 ini belum release karena masih dalam tahap  pembuatan.

Google menamai produknya dengan nama–nama unik agar menarik dan mudah diingat serta bisa bersaing dengan perusahaan lain seperti Apple yang juga memilih nama kucing untuk OS yang dirilisnya, misalnya Cheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger, Leopard dan Snow.

Jika dilihat dari penamaan versi Android yang diurut berdasarkan urutan abjad, maka kemungkinan versi Android berikutnya setelah Key Lime Pie akan dimulai dengan huruf L. Ada yang bisa menebak? (dikutip dari berbagai sumber).

(photo: thebubblybay.com)