Fakta Menarik Mengenai Grand Canyon

Loading...

Grand Canyon SkywalkMenikmati keindahan alam dari Grand Canyon Skywalk

Grand Canyon dikenal sebagai salah satu ngarai dan lembah yang sangat luar biasa. Terletak di Negara bagian Arizona di Amerika Serikat. Dengan dinding batu yang berwarna-warni, tebing yang sangat terjal serta lereng berpasir merupakan beberapa hal yang menjadi daya pikat sehingga banyak orang yang tertarik berkunjung ke sana. Taman Nasional Grand Canyon diresmikan oleh Theodore Roosevelt, Presiden Amerika Serikat yang ke 26, pada tanggal 26 februari 1919.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui beberapa fakta menarik lainnya mengenai Grand Canyon.

1. Grand Canyon dinyatakan sebagai Monumen Nasional pada tahun 1908. Sebelas tahun kemudian yaitu pada tahun 1919 diumumkan sebagai Taman Nasional Amerika Serikat dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1979.

2. Yang diketahui menghuni Grand Canyon pada awalnya adalah suku Indian–Amerika (Suku Hopi, Navajo, Havasupai, Paiute, dan Hualapai).

3. Merupakan salah satu daya tarik mengapa turis mengunjungi Arizona. Grand Canyon memiliki dua rute utama: Lingkar Selatan dan Tepi Utara.

READ:  Menikmati Keindahan Alam di Medan dan Sekitarnya

4. Berada di tanah seluas 1.218.376 hektar. Memiliki panjang 277 mil dan lebarnya 18 mil. Lembah dan ngarai selebar 5000 meter dengan titik terdalamnya 6000 meter dan titik tertinggi 8000 kaki dari permukaan laut yang terletak di Tepi Utara.

5. Menurut Ahli Geologi, keindahan alam yang ada di Grand Canyon merupakan hasil dari erosi tanah yang terjadi selama beberapa juta tahun yang lalu. Penyebab utama erosi tanah yang telah tercatat adalah sungai, es, letusan gunung berapi dan angin.

6. Sungai Colorado yang merupakan salah satu sungai terbesar di Amerika Serikat menjadi ‘kontributor’ utama yang menyebabkan tidak ratanya topografi.

7. Gunung dan lembah yang berada di sekitaran Grand Canyon-lah yang menyebabkan bebatuan di sana memancarkan warna yang berbeda. Jika Anda naik di ketinggian 1.000 kaki, maka Anda dapat menemukan berbagai macam jenis bebatuan. Antara lain: Gipsum, Batu Kapur dan Rijang.

8. Grand Canyon Skywalk yang terletak 4.000 meter di atas permukaan laut ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal. Grand Canyon Skywalk sendiri adalah jalan kaca yang berbentuk tapal kuda. Dianggap sebagai salah satu struktur buatan manusia yang tertinggi.

READ:  Destinasi Wisata Jawa Barat yang Menakjubkan

9. Grand Canyon Skywalk merupakan salah satu tempat wisata paling menakjubkan di Amerika dan struktur kantilevernya paling terkenal di dunia.

10. Grand Canyon merupakan rumah bagi lebih dari 75 spesies mamalia, 50 jenis reptil, 25 jenis ikan, dan lebih dari 300 jenis burung.

11. Beberapa jenis hewan yang paling sering ditemukan disekitar Grand Canyon antara lain, Rusa Bagal, Bobcats, Coyote, Kelinci, Kalelawar dan Tupai. Elang botak dan Willow Flycatcher merupakan 2 jenis burung yang bisa ditemui di Grand Canyon dan sudah  terancam punah.

(photo: telegraph.co.uk)