Mengapa Kita Perlu Pendidikan?

Loading...

pendidikan Mengapa Kita Perlu Pendidikan

Biasanya pendidikan dimulai ketika berumur 5 tahun karena orang tua memasukkan kita ke bangku sekolah (TK). Dari situ, pendidikan dilanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan masuk Sekolah Dasar (SD) lalu kemudian SMP, SMA dan kemudian ke tingkat Universitas (kuliah). Pendidikan bisa diartikan sebagai ‘proses bertahap agar memperoleh pengetahuan’.

Pada dasarnya pendidikan terbagi 2, yaitu, pendidikan Formal dan Informal. Pendidikan Formal ialah pendidikan yang Anda dapatkan melalui lembaga resmi, misalnya sekolah sedangkan Pendidikan Informal ialah pendidikan atau ilmu yang Anda dapatkan di luar bangku sekolah.

Pentingnya pendidikan bukan hanya sekedar untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang baik, lebih dari itu pendidikan atau belajar bisa membuat Anda mengetahui hal – hal yang sebelumnya tidak diketahui, juga membuka pikiran bagaimana menyikapi suatu hal dengan lebih baik.

‘Langit adalah batas’ merupakan ungkapan yang tepat. Maksudnya di sini adalah justru tidak ada batas untuk terus belajar dan menempuh pendidikan.

Dengan menempuh pendidikan, membuat Anda lebih bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang dinamis. Sangat jelas berbeda orang yang pernah belajar di lembaga yang resmi dengan yang tidak. Misalnya, orang yang berpendidikan biasanya akan lebih tenang, sabar dan berusaha mencari jalan keluar ketika menghadapi suatu masalah.

READ:  Tekanan Darah Rendah Dapat Melemahkan Otak

Bila dibandingkan dengan orang yang tidak pernah ‘mencicipi’ pendidikan, biasanya mereka akan mudah panik. Meskipun tidak semua seperti itu, akan tetapi sebagian besar akan terpengaruh oleh pendidikan yang pernah dijalaninya.

Pendidikan menjadikan Anda bisa memanfaatkan atau menemukan keterampilan yang belum diri sendiri sadari bahwa Anda memiliki itu. Bukan tidak mungkin Anda bisa menjadikannya kontribusi yang positif bagi lingkungan atau masyarakat di sekitar.

Pendidikan juga menyetarakan. Sebuah bangsa dengan mayoritas penduduk yang berpendidikan akan mempromosikan kesetaraan ekonomi sosial dan berkembang jauh lebih cepat dalam satu negara kohesif yang kuat.

Dan yang terakhir, pendidikan bisa memajukan kualitas hidup seseorang. Jadi, jangan berhenti untuk terus belajar!

(photo: culpeperschools.org)