Mengenal Budaya Tionghoa

Loading...

lampionLampion, selalu menghiasi setiap perayaan

China adalah tanah kuno yang misterius, menyimpan kekayaan budaya, tradisi, serta sumber daya yang sangat melimpah. Kebudayaan China atau Tionghoa sangat khas dan indah. Hal ini terbukti dari seni dan kerajinan, kaligrafi, border, opera, lukisan dan sutra yang mereka produksi. Seni bela diri dan masakan yang berasal dari negeri ini pun kini semakin mendunia.

Nah, agar semakin mengenal negeri yang berpenduduk terbanyak di dunia ini, simak artikel berikut ini.

1. Peradaban China dianggap sebagai peradaban terpanjang dan terus menerus berkembang di dunia.

2. Pada zaman kuno, China dianggap sebagai pusat dunia karena nama ‘China’ atau ‘Zhong Guo’ yang berarti Nation Center ‘Pusat Bangsa’ atau Middle Kingdom ‘Kerajaan Tengah’.

3. Tengkorak yang diperkirakan adalah manusia pertama dan berumur sekitar 67.000 tahun ditemukan di Liujiang, bagian selatan China.

4. Bahasa China adalah bahasa yang paling banyak digunakan dengan sekitar 850 juta pembicara di seluruh China.

5. Dalam budaya China sekarang ini, pemerintah China telah memasukkan beberapa unsur dari tradisi China, antara lain, berbagai bentuk sastra, seni, music, fashion, film dan arsitektur sebagai tanda semangat bangkitnya nasionalisme China.

READ:  Mengenal Pesona Keindahan Kota Guilin di China

6. Kaligrafi atau praktek dekoratif tulisan tangan dikembangkan sebagai salah satu bentuk seni lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Saat ini, bentuk seni tersebut masih dikembangkan dengan cara menulis dengan menggunakan pena khusus, tinta dan kuas seperti yang digunakan di masa lalu.

7. Sebelumnya, patung dan lukisan bukan merupakan bentuk seni yang signifikan di China tetapi dengan Ikonografi Buddhisme. Selama abad pertengahan, gaya seni yang menonjol adalah gaya Tibet dan Mughal Mongolia.

8. Ada sekitar 300 bentuk Opera yang berbeda di China dengan sejarah yang kaya lebih dari 800 tahun. Opera China telah popular selama beberapa generasi dan menggunakan instrument String bersamaan dengan vocal yang bernada tinggi.

9. Selama festival musim semi di China, sekitar 230 juta orang kembali ke kampung halamannnya masing–masing untuk menyambut kedatangan Tahun Baru China. Ini adalah saat dimana tarif angkutan umum meroket dan tempat-tempat umum lainnya dipenuhi dengan manusia–manusia.

10. China menetapkan 15 hari libur nasional yang menjadi alasan terjadinya migrasi missal.

11. Kota Shanghai dianggap sebagai kota terbesar di dunia dengan jumlah penduduk lebih dari 16 juta.

12. China merupakan ‘rumah’ bagi lebih dari 56 kelompok etnis. Oleh karena itu China disebut Negara Multi-Rasial.

READ:  Apa Istimewanya Laut Mati?

13. Di provinsi Sichuan, populasi penduduknya melebihi populasi penduduk gabungan dari Negara Kanada, Australia, Austria, Guatemala, Belanda, Selandia Baru, Malaysia, Portugal, dan Yunani.

14. Kecuali bila Anda memiliki hubungan dekat dengan orang yang Anda temui, Anda tidak perlu memanggil orang tersebut dengan nama pertama mereka. Cara lain, yakni dengan memanggil sesuai jabatan misalnya (Walikota Wang atau Insinyur Li) juga bisa digunakan sebagai panggilan.

15. Selama periode ‘Great Leap Forward’ atau bila diartikan menjadi ‘Lompatan Jauh ke Depan’ yaitu percobaan Mao Zedong yang ternyata gagal untuk menjadikan China memiliki ekonomi yang modern, ada sekitar 20 – 30 juta orang meninggal karena kelaparan.

16. Sumpit, sendok dan garpu yang terbuat dari kayu digunakan oleh orang–orang China untuk pemakaian jangka panjang (yang sangat lama). Orang China lebih memilih makan dengan keluarga mereka secara tradisional dan menggunakan peralatan makan yang baik.

17. Ginseng merupakan salah satu jenis herbal atau ramuan yang paling penting di China untuk menjaga kesehatan dan memiliki makna khusus dalam cerita rakyat serta tradisi mereka.

READ:  Apa Yang Harus Dilakukan Pada Tahun Baru China?

18. China memiliki tradisi yang sangat spesifik yang berhubungan dengan pakaian mereka. Memakai warna gelap untuk upacara khusus dan warna terang untuk acara kasual.

19. China juga memiliki cara unik untuk mengumumkan kelahiran. Yakni, dengan membagi–bagikan telur yang telah dicat dengan warna merah.

20. Menurut budaya China, Naga dianggap yang paling kuat dan merupakan symbol paling beruntung bagi mereka diantara 12 binatang yang merupakan simbol zodiak lainnya.

21. Salah satu daya tarik utama dari China adalah ‘Great Wall Of China’ atau Tembok China yang panjangnya lebih dari 21.000 km. Daya tarik lainnya adalah ‘Great Bell Temple’ atau Kuil Lonceng Besar yang beratnya sekitar 46 ton yang berada di Distrik Haidian, Beijing.

(photo: bluebalu.wordpress.com)