Mengapa Terjadi Kerontokan Rambut Pada Wanita?

Loading...

rambut rontokRambut rontok pada wanita

Pria akan mengalami rambut rontok saat mereka beranjak tua, dan ini berlaku umum. Sama halnya dengan wanita, namun stigma tersebut bisa jadi sulit untuk ditangani. Simak artikel berikut untuk lebih tahu tentang kerontokan rambut pada wanita, dikutip dari bbc.co.uk.

Telogen effluvium

Salah satu bentuk yang paling umum dari kerontokan rambut pada wanita (dan pria) adalah suatu kondisi yang disebut telogen effluvium, di mana ada pelepasan rambut yang menyebar di sekitar kulit kepala dan tempat lain pada tubuh.

Ini biasanya merupakan reaksi terhadap stres yang intens pada fisik tubuh atau sistem hormonal, atau sebagai reaksi terhadap obat-obatan.

Kondisi yang dapat terjadi pada semua usia, umumnya dimulai agak tiba-tiba dan akan membaik sendiri dalam waktu sekitar enam bulan, meskipun bagi beberapa orang dapat menjadi masalah kronis.

Karena telogen effluvium berkembang beberapa saat setelah terpicu, dan menyebabkan generalisasi penipisan kepadatan rambut daripada botak, wanita dengan kondisi demikian mudah untuk didiagnosis sebagai overanxious (cemas berlebihan) atau neurotik.

READ:  Penyebab Rambut Rontok dan Bercabang

Untungnya, biasanya hal ini akan menjadi lebih baik seiring dengan waktu. Telogen effluvium adalah fenomena yang terkait dengan siklus pertumbuhan rambut.

Siklus pertumbuhan rambut bergantian antara fase pertumbuhan (disebut anagen, berlangsung sekitar tiga tahun) dan fase istirahat (telogen, yang berlangsung sekitar tiga bulan). Selama telogen, rambut tetap berada dalam folikel sampai didorong oleh pertumbuhan rambut baru dalam fase anagen.

Pada suatu waktu, sampai sekitar 15 persen dari rambut berada dalam fase telogen. Tapi tiba-tiba stres pada tubuh dapat memicu sejumlah besar rambut memasuki fase telogen pada waktu yang sama. Kemudian, sekitar tiga bulan kemudian, sejumlah besar rambut ini akan dilepaskan. Saat rambut baru mulai tumbuh, kepadatan rambut bisa menebal lagi.

Banyak orang dewasa yang telah mengalami episode telogen effluvium di beberapa titik dalam hidup mereka, mencerminkan episode penyakit atau stres.

Androgenetic alopecia

Jenis umum kerontokan rambut pada wanita lainnya adalah androgenetic alopecia, yang berkaitan dengan tingkat hormon dalam tubuh. Ada kecenderungan genetik yang besar, yang dapat diwariskan dari ayah atau ibu.

READ:  5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Androgenetic alopecia mempengaruhi sekitar 50 persen laki-laki (ini adalah penyebab utama dari pola biasa kebotakan yang dipandang sebagai usia laki-laki) dan perempuan mungkin di atas usia 40.

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 13 persen dari wanita memiliki beberapa derajat kerontokan rambut semacam ini sebelum mengalami menopause, dan setelah itu menjadi jauh lebih umum – salah satu bagian dari penelitian ini menunjukkan bahwa di atas usia 65 sebanyak 75 persen perempuan terpengaruh.

Penyebab kerontokan rambut androgentic alopecia adalah zat kimia yang disebut dihidrotestosteron, atau DHT, yang terbuat dari androgen (hormon laki-laki yang semua pria dan wanita hasilkan) oleh aksi enzim yang disebut 5-alpha reductase.

Orang yang memiliki banyak enzim ini membuat DHT lebih banyak, yang dapat menyebabkan folikel rambut membuat rambut semakin menipis dan menipis.

Aopecia areata

Penyebab lain yang penting dari kerontokan rambut pada wanita adalah suatu kondisi yang disebut alopecia areata, penyakit autoimun yang mempengaruhi lebih dari dua persen dari populasi. Dalam hal ini, folikel rambut diserang oleh sel darah putih. Folikel kemudian menjadi sangat kecil dan produksi rambut melambat secara dramatis, sehingga mungkin tidak ada pertumbuhan rambut yang terlihat selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun.

READ:  Tips Atasi Rambut Rontok Sejak Dini

Setelah beberapa waktu, rambut dapat kembali tumbuh seperti sebelumnya, atau tidak tumbuh kembali sama sekali. Kabar baiknya adalah bahwa dalam setiap kasus folikel rambut tetap hidup dan dapat diaktifkan kembali, kabar buruknya adalah bahwa kita belum tahu bagaimana melakukannya.

(photo: ushairrestoration.com)