6 Rahasia Agar Rambut Anda Selalu Sehat Berkilau

Loading...

Rambut sehatRambut sehat

Setiap orang pasti menginginkan rambut sehat berkilau. Akan tetapi tidak banyak yang peduli soal perawatan rambut mereka. Seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga memerlukan perawatan agar tetap sehat dan terawat.

Ingin memiliki rambut sehat? Ini dia rahasianya, dikutip dari readersdigest.ca.

1. Lindungi Rambut Anda dari Alat Styling

Jika Anda akan menggunakan produk yang menghubungkan rambut Anda terhadap panas ekstrim teratur, pastikan untuk menerapkan produk rambut termal untuk melindungi rambut terlebih dahulu. Produk yang mengandung bahan-bahan seperti Royal Jelly atau Vitamin B5 akan melapisi rambut untuk melindunginya dari kerusakan sekaligus mengkondisikan dan memperbaiki kerusakan sebelumnya.

2. Lindungi Rambut Anda dari Matahari

Di musim panas, Anda banyak mendengar tentang melindungi kulit dari sinar matahari, begitupun rambut. Walaupun efek matahari pada rambut tidak mengancam nyawa, namun ia dapat menyebabkan rambut kering, rapuh dan tampak kusam. Carilah shampo dan kondisioner yang menawarkan UVA dan perlindungan UVB untuk mencegah dehidrasi yang berlebihan dari rambut.

READ:  Bagaimana Cara Mendapatkan Rambut Panjang dan Sehat?

3. Gunakan Kuas dan Sisir yang Benar

Pastikan untuk menggunakan sisir hanya bila rambut Anda basah. Menyisir rambut kering dengan sisir dan bukan kuas akan mematahkan helai rambut.

4. Biarkan Rambut Anda Tergerai

Jika Anda sering mengikat rambut Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk mengubah rutinitas Anda. Mengikat rambut dapat merusak karena rambut tertarik tidak secara alami. Juga, tindakan menarik dan melepas dapat menyebabkan rambut rontok.

5. Hindari Amonia

Amonia biasanya ditemukan dalam pewarna rambut permanen, yang sangat umum digunakan. Amonia dapat membuat rambut kering dan berakhir patah. Dalam beberapa tahun terakhir, pewarna rambut permanen dan semi permanen bebas amonia telah banyak di pasaran. Jika Anda bisa, gunakan pewarna bebas amonia untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan lebih lanjut.

6. Biarkan Rambut Anda Apa Adanya

Bukan rahasia lagi bahwa wanita berambut lurus kadang menginginkan rambut keriting dan sebaliknya. Menjaga rambut Anda tetap keriting atau lurus secara sengaja dapat merusak rambut Anda karena memerlukan panas yang berlebihan dan beberapa produk untuk mendapatkannya. Untuk menjaga rambut Anda tampak sehat dan berkilau, hindari memaksa rambut Anda keluar dari gaya normal terlalu sering. Lakukan untuk acara-acara khusus saja.

READ:  Nutrisi Penting Untuk Perawatan Rambut

Bagaimanapun, lebih baik menjaga agar rambut Anda tetap sehat sedini mungkin daripada nanti Anda harus mengalokasikan pengeluaran lagi untuk merawat rambut yang terlanjur rusak dan butuh perawatan khusus.

(photo: foxandjanesalon.com)