Apa itu Narkoba?

Loading...

narkoba artis

Tentang Narkoba

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya. Istilah lainnya adalah NAPZA.

“Narkotika” berasal dari kata Yunani “narkos”, yang berarti tidur. Oleh karena itu, narkotika adalah obat yang menginduksi tidur. Secara khusus, ia berarti opiat seperti heroin, morfin dan obat terkait. Pada dasarnya, narkotika adalah zat/obat yang umumnya berasal dari tanaman ataupun bukan tanaman, diolah secara sintetis maupun semi sintetis dan dapat menurunkan atau mengubah kesadaran manusia, menghilangkan rasa, mengurangi bahkan menghilangkan perasaan nyeri pada tubuh, dan dapat menimbulkan ketergantungan pada manusia.

Narkotika biasanya digunakan untuk nyeri sedang sampai berat. Dalam keadaan gawat darurat, ia adalah salah satu obat yang paling sering digunakan. Seringkali pasca operasi, pasien diberikan narkotika atau opioid untuk mengontrol rasa sakit.

Psikotropika adalah zat /obat, baik obat alamiah maupun obat sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan sistem saraf pusat dan menjadi penyebab perubahan khas pada aktivitas dari mental dan perilaku manusia. Lebih sering digunakan oleh dokter untuk mengobati gangguan jiwa.

READ:  Efek Buruk Narkotika

Bahan adiktif lainnya adalah zat atau bahan lain bukan narkotika dan psikotropika yang berpengaruh pada kerja otak dan dapat menimbulkan ketergantungan, baik psikologis atau fisik. Misal: alkohol , rokok, kafein.

Penggunaan narkoba, baik dimakan, dihisap, dihirup melalui hidung, ataupun disuntikan, dapat mengganggu fungsi susunan syaraf pusat. Susunan syaraf pusat merupakan organ yang memberikan informasi tentang siapa kita, apa yang kita akan dan telah lakukan. Ia juga mengendalikan beberapa fungsi penting pada organ tubuh yang mengatur detak jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

Pengaruh Narkoba Secara Umum

1. Depresan

– Narkoba akan menekan, juga memperlambat fungsi dari sistem saraf pusat manusia sehingga dapat mengurangi aktivitas fungsional dari tubuh.
– Narkoba dapat membuat si pemakai akan merasakan tenang, memberikan perasaaan yang melambung tinggi, memberikan perasaan bahagia juga membuat si pemakai akan tertidur atau bahkan tidak sadarkan diri.

2. Stimulan

– Narkoba akan merangsang sistem dari saraf pusat tubuh manusia, meningkatkan kegairahan serta kesadaran, juga menimbulkan perasaan segar dan bersemangat.
– Narkoba juga akan bekerja mengurangi rasa mengantuk yang timbul capek, mengurangi nafsu makan Anda, mempercepat detak jantung, meningkatkan tekanan darah dan pernafasan.

READ:  Kiat Membedakan Antara Madu Palsu dan Madu Asli

3. Halusinogen

Obat ini dapat mengubah pola rangsangan indera manusia, juga mengubah perasaan dan pikiran sehingga akan menimbulkan halusinasi atau kesan yang tidak nyata.

Besarnya pengaruh narkoba tergantung pada dosis (banyak jumlah obat), frekuensi penggunaan, konsentrasi obat/kandungan bahan, dan suasana hati (mood) ketika menggunakan.

(photo: tribunnews.com)