5 Aplikasi Android Terpopuler Tahun 2012

Loading...

Tahun 2012 telah berlalu dengan berbagai kenangan untuk setiap orang. Namun ada saja hal-hal di tahun sebelumnya yang terlewatkan dan sayang bila kita lewatkan. Salah satunya adalah di bidang teknologi. Perkembangan gadget atau smartphone di tahun 2012 sangat melejit pesat. Android misalnya, sistem operasi yang banyak digandeng oleh berbagai perusahaan telepon genggam khususnya.

Android mulai banyak digandrungi masyarakat Indonesia karena tampilannya yang unik dan juga user friendly. Banyak juga aplikasi yang mendukung Android serta dapat diunduh secara gratis membuat barang ini mendapat tempat khusus di hati para penggemarnya.

Aplikasi Android yang banyak tersedia di PlayStore dan gratis unduh menjadi salah satu kelebihan tersendiri di tahun 2012 hingga sekarang. Ada banyak aplikasi populer yang diminati banyak pengguna Android. Berikut kami merangkumnya dalam 5 aplikasi paling populer di tahun 2012.

1. WhatsApp

WhatsAppSiapa yang tak kenal dengan aplikasi WhatsApp. Aplikasi smartphone yang hampir menggeser ketenaran BlackBerry Messenger. WhatsApp merupakan aplikasi lintas platform, artinya satu aplikasi ini kita bisa mengirim sms, chatting sepuasnya, ataupun sharing file.

Kelebihan yang ditawarkan adalah gratis biaya sms, tidak ada iklan di dalamnya, tidak memerlukan pin ataupun username alias langsung tersingkronisasi dengan nomor handphone Anda, dan masih banyak lagi. Hal ini dimungkinkan karena WhatsApp menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk berkomunikasi. Bukan hanya di Android WhatsApp ini bisa berjalan, tetapi pada sistem operasi handphone lain juga bisa. Di PlayStore, aplikasi WhatsApp sudah didownload lebih dari 2 juta orang lebih, pada tahun 2012.

READ:  10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Anak

2. Facebook

Facebook AndroidTak kurang dari 1 milliar orang menggunakan Facebook di dunia. Jejaring sosial ini memang unik dalam menarik perhatian orang di internet untuk menggunakannya. Bahkan saking tenarnya, separuh dari pengguna aktif di seluruh dunia menggunakan telepon genggam untuk bisa mengaksesnya.

Tidak mau ketinggalan Android juga menyediakan aplikasi Facebook yang bisa dipakai untuk mengakses situs Facebook dengan lebih mudah. Kepopuleran aplikasi ini bisa terlihat dari banyaknya orang yang mengunduhnya, sekitar 5.936.248 orang di seluruh dunia pada tahun lalu. Angka yang cukup fantastis untuk bisa dikategorikan sebagai aplikasi populer di Android.

3. Opera Mini

opera miniOpera Mini merupakan sebuah aplikasi gratis nan cepat untuk berinternet via handphone. Banyak operating sistem handphone bisa menjalankan aplikasi ini. Salah satunya yaitu Android.

Dibandingkan dengan browser bawaan original Android, Opera Mini lebih unggul dalam hal kecepatan membuka sebuah halaman situs. Ragam pilihannya pun cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan internet via handphone. Tak salah bila di Play Store aplikasi Opera Mini banyak didownload lebih dari 6 ratus ribu pengguna Android. Untuk Anda yang menggunakan Android bisa mendapatkan fitur-fitur tambahan di situs resminya di http://opera.com/mobile.

READ:  Seri ‘Galaxy’ Yang Menaikkan Laba Samsung?

4. Instagram

instagram for androidAnda suka mengedit foto? Ataukah Anda suka berfoto dengan angel-angel yang unik? Salah satu pilihan yang pas untuk Anda adalah aplikasi Instagram untuk Android. Aplikasi ini terbilang populer di tahun 2012 kemarin, dimana tersebar lebih dari 100 juta penggunanya di seluruh dunia. Instagram merupakan aplikasi untuk mengambil foto, memberikan sentuhan filter digital, dan membagikannya di situs-situs jejaring sosial.

Dilansir dari PlayStore milik Google, Instagram ini bebas untuk digunakan (gratis) di Android, juga cepat, dan pastinya menyenangkan. Beberapa hal yang membuat aplikasi ini menjadi populer di tahu 2012 adalah karena filter digitalnya yang terlihat unik, seperti: Lomo Filter, Kodak Instamatic, Polaroid Filter, dan masih banyak lagi. Jika Anda belum memiliki aplikasi ini di Android kesayangan Anda, kami sarankan untuk mencobanya.

5. Evernotes

evernotes androidSebagian orang mungkin belum terlalu akrab dengan aplikasi yang satu ini. Namanya adalah Evernotes. Aplikasi unik untuk notetaking dan pengarsipan. Kenapa unik? Karena bukan hanya tulisan yang bisa disimpannya, tetapi juga kutipan dari halaman web, foto, memo, suara, dan lain-lain.

READ:  6 Aplikasi Fotografi Terbaik di Ponsel Android

Dukungan terhadap berbagai sistem operasi membuatnya banyak digandrungi masyarakat dunia (seperti pada sistem operasi: Microsoft Windows, Mac OS X, Chrome OS, Android, iOS, Windows Phone, dan WebOS). Harian New York Times juga memasukkan aplikasi Evernotes ini sebagai “Top 10 Must-Have App”, dan juga memenangkan penghargaan di: Crunchies TechCrunch, Mashable Awards, dan Webbys. Anda berminat untuk mencobanya? Evernotes bisa Anda dapatkan download gratis di PlayStore.

(photo: Play Store Google)