Infeksi Escherichia coli dan Penyebabnya

Loading...

bakteri-e-coliInfeksi Escherichia coli

E. coli adalah nama jenis bakteri yang hidup di usus Anda dan dalam usus hewan. Ada banyak jenis E. coli, dan kebanyakan dari mereka tidak berbahaya. Tetapi beberapa dapat menyebabkan diare berdarah. Ini disebut enterohemorrhagic E. coli (EHEC). Salah satu jenis yang umum disebut E. coli O157: H7. Pada beberapa orang, jenis E. coli juga dapat menyebabkan anemia berat atau gagal ginjal, yang dapat menyebabkan kematian.

Jenis E. coli lainnya dapat menyebabkan infeksi saluran kemih atau infeksi lainnya.

Apa yang menyebabkan infeksi E. coli?

Infeksi E. coli muncul saat melakukan kontak dengan kotoran manusia atau hewan. Hal ini dapat terjadi bila Anda minum air atau makan makanan yang telah terkontaminasi oleh kotoran.

1. E. coli dalam makanan

E. coli dapat masuk ke dalam daging selama pemrosesan. Jika daging yang terinfeksi tidak dimasak sampai 160 °F (71 °C), bakteri dapat bertahan hidup dan menginfeksi Anda ketika Anda makan daging. Setiap makanan yang telah bersentuhan dengan daging mentah juga bisa menjadi terinfeksi.

READ:  Gejala Penyakit Ebola Dan Cara Pencegahannya

Makanan lain yang dapat terinfeksi E. coli termasuk:

– Susu mentah atau produk susu. Bakteri dapat menyebar dari daging sapi hingga susunya. Periksa label pada produk susu untuk memastikan mereka berisi kata dipasteurisasi. Ini berarti makanan telah dipanaskan untuk menghancurkan bakteri.

– Buah-buahan dan sayuran mentah, seperti selada, kecambah alfalfa, atau sari apel atau jus yang tidak dipasteurisasi yang telah kontak dengan kotoran hewan yang terinfeksi.

2. E. coli dalam air

Kotoran manusia atau hewan yang terinfeksi dengan E. coli terkadang masuk ke danau, kolam renang, dan pasokan air. Orang dapat terinfeksi bila sebuah kota yang terkontaminasi atau pasokan air kota belum diobati dengan klorin atau ketika orang tidak sengaja menelan air yang terkontaminasi saat berenang di sebuah kanal, danau, kolam renang, atau kanal  irigasi.

3. E. coli dari kontak orang per-orang

Bakteri juga dapat menyebar dari satu orang ke orang lain, biasanya ketika orang yang terinfeksi tidak mencuci tangannya dengan baik setelah buang air besar. E. coli dapat menyebar dari tangan orang yang terinfeksi kepada orang lain atau objek.

READ:  Pilih Toping Kesukaan Anda untuk Oatmeal yang Membosankan

(photo: merdeka.com)