Daging Sapi Lokal VS Daging Sapi Impor

Loading...

daging-sapi-di pasarDaging sapi yang diperjualbelikan di pasar

Kebutuhan akan daging sapi segar di Indonesia semakin tinggi. Biasanya jumlah permintaan akan meningkat lebih dua kali lipat bila mendekati hari besar keagamaan. Ada 2 jenis daging sapi yang beredar di pasaran, yaitu, daging sapi lokal dan daging sapi impor.

Nah, biasanya Anda dibuat bingung, bagaimana cara memilih daging sapi yang baik, mana yang kualitasnya lebih bagus, apakah daging sapi lokal atau impor?

Berikut akan diuraikan bagaimana cara memilih daging sapi yang baik untuk dikonsumsi dan apa bedanya daging sapi lokal dengan daging sapi impor.

Perbedaan Daging Sapi Lokal dan Impor

Daging sapi lokal biasanya tidak gampang susut bila dibandingkan dengan daging sapi impor. Meskipun cara mengolah keduanya tidak jauh berbeda, daging sapi impor jauh lebih empuk. Yang menjadi penyebabnya adalah sapi yang dagingnya diimpor biasanya mendapat perlakuan berbeda dengan sapi lokal.

Sapi dari New Zaeland dan Australia (negara pengimpor daging sapi) biasanya memang dimanjakan berbeda dengan sapi lokal (Indonesia) yang dipaksa untuk bekerja. Jadi, tidak heran dagingnya pun tidak selembut yang impor.

READ:  Lakukan 5 Trik Ini Saat Mengalami Insomnia

Dari segi harga, daging sapi impor memang jauh lebih mahal karena proses masuknya ke Indonesia membutuhkan biaya.

Cara Memilih Daging Sapi

1. Pilih daging sapi yang masih berwarna merah cerah.
2. Teksturnya masih terasa segar dan kenyal.
3. Masih beraroma segar atau biasa disebut aroma daging.
4. Pilih daging yang masih mengeluarkan cairan yang agak kemerahan (bukan darah). Cairan ini bisa dibilang jusnya daging. Tapi, jangan pernah membeli daging yang dibungkus dengan styrofoam dan plastik.
5. Belilah daging yang digantung. Perhatikan, kalau terlalu banyak air yang menetes, jangan dibeli. Bisa jadi daging tersebut adalah daging gelonggongan (dipaksa minum air agar beratnya bertambah).
6. Jangan beli daging sapi beku. Daging sapi yang dibekukan memang bisa awet tapi tidak segar. Kalaupun Anda membeli daging sapi beku, pilih yang tidak ada bunga es nya. Bunga es yang ada pada daging sapi beku adalah pertanda bahwa daging tersebut tidak lagi segar.

(photo: amarinews.com )