Sabun Batang VS Sabun Cair

Loading...

Membersihkan WajahMembersihkan Wajah

Masih bingung pembersih mana yang paling tepat digunakan di wajah? Simak terus artikel berikut yang kami kutip dari DailyGlow untuk mengetahui produk apa yang mungkin cocok bagi kulit wajah Anda.

Salah satu pertanyaan yang paling sering muncul ketika akan membersihkan wajah adalah, yang mana yang lebih baik digunakan untuk membersihkan wajah, sabuh batang atau sabun cair?

Sabun batang harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan sabun cair dan biasanya akan lebih berbusa. Masalahnya adalah, sabun batang dapat mengganggu keseimbangan pH normal kulit Anda.

Sabun batang cenderung basa (pH tinggi) dibandingkan dengan kulit Anda, yang biasanya sedikit asam (pH rendah). Karena sabun batangan yang cenderung basa akan mengganggu bahkan bisa merusak kondisi kulit dan menimbulkan bakteri penyebab jerawat.

Menggunakan sabun batang dapat memperparah wajah yang sedang terkena jerawat. Selain itu, pH yang lebih tinggi mengganggu fungsi pelindung alami kulit Anda, sehingga air menguap lebih cepat dan kulit yang kering akan menjadi lebih kering.

READ:  Gejala dan Penanganan Batuk Rejan Pada Anak

Namun apabila Anda memang menyukai menggunakan sabun batang, paling tidak carilah sabun yang lembut dan tidak membuat kulit menjadi kering. Misalnya sabun yang mengandung Glycerin dan nonalkaline.

Bila Anda memiliki kulit yang sensitif dan gampang memerah atau iritasi hindari sabun yang mengandung sodium lauryl sulfate.

Sabun cair harganya memang agak sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan sabun batangan. Namun, sabun cair lebih aman dan pH nya mendekati pH alami kulit normal.

Untuk yang memiliki kulit yang berminyak, pilih pemberih cair yang berbentuk gel atau busa karena dapat membersihkan minyak berlebih di wajah dan sisa-sia makeup.

Untuk yang sedang mengalami masalah pada kulit wajah (tidak terlalu parah dan tidak sedang menggunakan cream obat apapun) pilih pembersih yang mengandung salicylic acid karena dapat membantu membersihkan pori-pori wajah dan untuk yang memiliki kulit yang sensitif, pilihlah pembersih yang ‘milky’ atau ‘creamy cleanser’.

(photo: collajmag.com)