Blackberry 10, Penantang Baru Android dan iPhone?

Loading...

blackberry-10-z10Blackberry 10

Perang di area smartphone sepertinya akan makin sengit. Setelah tahun-tahun belakangan ini perang produsen smartphone hanya melibatkan dua aplikasi besar yaitu Apple dengan iPhone dan Google dengan androidnya maka bersiaplah karena satu pemain lama juga akan berusaha kembali merebut kejayaan mereka yang sempat meredup.

30 Januari 2013 menjadi tanggal penting untuk pabrikan asal Canada ini. Tepat pada tanggal tersebut bertempat di New York City, CEO Blackberry Thorsten Heins mengumumkan peluncuran Blackberry 10 sekaligus pengumuman resmi tentang berubahnya nama RIM yang sekarang resmi berganti menjadi Blackberry.

“ Kami sudah menjalani transformasi panjang dalam dunia bisnis dan brand kami.  Bukan hanya itu, kami juga sudah melewati sebuah tranformasi menjadikan komunikasi mobile menjadi komputerisasi mobile sesungguhnya”, kata Heins. Kemudian dia melanjutkan, “ ini bukan cuma tentang bagaimana melahirkan kembali perusahaan ini. Hari ini adalah hari bersejarah untuk Blackberry”.

Blackberry 10 benar-benar sebuah aplikasi baru keluaran Blackberry. Aplikasi baru ini berbeda dengan aplikasi Blackberry sebelumnya karena dirancang penuh untuk perangkat layar sentuh seperti yang lebih dahulu digeluti Android dan iPhone.

READ:  Panduan Memilih dan Membeli TV Layar Datar

Dalam wawancaranya dengan ABC News, Chief of Marketing Officer Blackberry, Frank Boulben menyatakan kalau ini adalah sebuah revolusi besar-besaran jika dibandingkan dengan produk mereka enam tahun lalu.

Blackberry 10 pertama kali akan ditanamkan pada perangkat model Blackberry Z10. Perangkat ini sama sekali tidak menggunakan keyboard fisik. Semua kegiatan dilakukan dengan menyentuh keyboard pada layar. Blackberry mengembangkan software khusus untuk penggunaan keyboard ini, keunggulan utamanya adalah bisa memprediksi apa yang ingin Anda tulis sehingga Anda cukup menggeser pilihan yang ada tanpa harus mengetikkan huruf per hurufnya. Blackberry Z10 tidak dilengkapi dengan tombol back atau home karena semua bisa dilakukan dengan menggeser.

Tantangan terbesar bagi Blackberry adalah, mampukah mereka menggeser popularitas Android dan iPhone yang kondang dengan ragam pilihan aplikasi mereka? Untuk ini Blackberry punya jawaban.

Menurut Boulben, mereka sudah menyediakan ruang yang besar di Blackberry App World untuk aplikasi yang bisa digunakan oleh pemakai Blackberry. Boulben juga memastikan jika aplikasi populer seperti Facebook, Skype, Kindle, Twitter, Angry Birds, Evernote, Rdio, ESPN Scorecenter, Flixter dan Cut the Rope sudah ada di Blackberry World Store untuk para pengguna.

READ:  Benarkah Google ‘Mengintip’ Semua Isi Gmail?

Blackberry Z10 diluncurkan dengan layar 4,2 inch yang menampung resolusi sebesar 1280×768 dengan warna dominan hitam dan bagian belakang yang lembut. Prosessor yang digunakan adalah dual core dengan RAM sebesar 2GB. Berbagai review menarik tentang produk baru Balckberry ini sudah bertebaran di internet meski ada juga yang merasa kalau batereinya masih terlalu boros.

Dengan gebrakan seperti itu, rasanya Android dan iPhone memang harus waspada. Blackberry nampaknya akan jadi penantang serius di medan smartphone.

(photo: 9to5mac.wordpress.com)