Tanda-Tanda Make-Up Kadaluarsa

Loading...

MakeupMakeup

Berlawanan dengan kepercayaan orang banyak, make-up tidak memiliki tanggal kedaluarsa. Sementara produk dalam tas kosmetik Anda mungkin tidak seperti itu, mereka bisa menjadi pelabuhan bagi bakteri.

Jika produk yang digunakan pada daerah yang terinfeksi, atau berbagi dengan orang lain, mikroba lain dan virus juga dapat menjadikan produk make-up Anda sebagai rumah mereka.

Adalah penting untuk mengetahui perubahan pada make-up secara teratur untuk memastikan bahwa produk Anda tidak mengarah pada infeksi bakteri atau virus. Ada beberapa cara sederhana dan mudah untuk memeriksa apakah make-up Anda telah kadaluarsa yang dikutip dari tulisan Charlotte Howard.

Perhatikan tanggalnya

Semua produk make-up seharusnya memiliki waktu kadaluarsa tertera pada label. Jika tidak tertera, waktu dari hari pembukaan pasti ada. Aturannya, produk sekali dibuka harus dibuang dan diganti dalam jangka waktu sebagai berikut:

• Bedak – 2 tahun
• Krim – 12-18 bulan
Foundation – 6-12 bulan
• Lipstik and gloss – 18 bulan
• Concealer – 6-12 bulan
• Pensil mata dan bibir – 12-18 bulan
• Maskara – 3-6 bulan
Eye liner cair – 3 bulan
• Cat kuku – 2 tahun
(pedoman Uni Eropa)

READ:  6 Manfaat Kecantikan dari Red Wine

Pensil untuk bibir dan mata harus diasah setelah digunakan, sedangkan semua brush harus dicuci dan dikeringkan secara menyeluruh setidaknya sekali seminggu. Spons dapat dicuci juga, meskipun harus dibuang begitu kotor dan bernoda.

Bau

Pertumbuhan bakteri akan meninggalkan bau, pada produk manapun. Bau mungkin tidak terlihat pada produk bubuk, namun krim dan cairan seperti maskara, foundation dan lipstik pada akhirnya akan mulai menimbulkan bau yang berbeda.

Setiap produk yang menimbulkan bau kapur atau apak harus dibuang, tidak peduli berapa lama penggunaannya.

Penampakan

Anda tidak mungkin bisa melihat pertumbuhan jamur pada produk Anda, kecuali sudah bertahun-tahun lamanya, namun produk make-up Anda mungkin mulai menunjukkan perubahan warna, atau perubahan konsistensi.

Bubuk mungkin mulai remah, sementara cairan dan krim biasanya menjadi kering atau menebal, menipis atau mengental. Produk yang menggunakan minyak seperti foundation dan cat kuku juga akan mulai memisah.

**

Jika Anda tidak yakin dengan usia, bau atau penampakan produk make-up Anda, maka kembalilah pada aturan lama: “Jika ragu, buang saja”.

READ:  8 Tips Make-up Terbaik Untuk Musim Panas

Diperkirakan sebanyak 66% wanita menggunakan produk kosmetik kadaluarsa, menempatkan diri mereka dalam resiko infeksi termasuk konjungtivitis dan iritasi.

(foto: colormerouge.com)