Makanan Penting Yang harus Diberikan Pada Balita

Loading...

anak-anak makan brokoliBrokoli baik dikonsumsi anak karena kaya akan kandungan vitamin A dan C

Ketika anak sudah mulai beranjak usia balita, para orang tua, khususnya seorang ibu akan sangat kesulitan untuk memberi makan anak mereka. Padahal anak sedang butuh banyak asupan nutrisi agar bisa bertumbuh dengan baik. Saat itu pula mereka harus mulai diperkenalkan dengan jenis makanan yang bisa mereka konsumsi agar tidak terlalu bergantung pada susu.

Makanan apa saja yang harus mulai dikonsumsi oleh balita?

1. Susu Cokelat.

Susu bagus untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi agar tetap kuat, Tapi, biasanya anak jadi susah atau bahkan tidak mau minum susu karena rasanya yang kurang enak. Tak ada salahnya memberi susu rasa cokelat pada anak agar mau minum susu.

2. Kentang Panggang.

Kentang panggang kaya akan potassium dan fiber atau serat. Selain itu kentang panggang juga rendah lemak.

3. Wortel.

Kukus wortel sampai teksturnya jadi lembut atau agak lembut lalu gunakan garpu untuk menghancurkannya tapi jangan sampai terlalu halus.

READ:  5 Cara Untuk Memotivasi Anak

4. Keju.

Satu slice keju mengandung kira–kira 125 mg kalsium pembentuk tulang. Anak yang berusia 1–3 tahun butuh 500 ml per hari sedangkan anak usia 4-8 tahun butuh 800 ml per hari.

5. Brokoli.

Brokoli kaya akan kandungan vitamin A dan C. Tips: jangan memasak brokoli terlalu matang. Itu akan mengurangi kandungan vitaminnya.

6. Telur.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa telur mengandung banyak protein dan Vitamin D yang membantu pembentukan otot dan penyerapan kalsium.

7. Sayuran.

Berbagai kombinasi sayuran bisa membantu agar tubuh anak tercukupi asupan nutrisinya. Terutama sayuran hijau.

8. Daging.

Daging banyak mengandung seng dan zat besi. Tapi, pilihlah daging yang tidak mengandung banyak lemak.

9. Saus Tomat.

Tomat mengandung lycopene yang berfungsi agar menjaga kulit tetap sehat dan segar. Selain itu, lycopene juga dapat membantu mencegah kanker.

10. Buah Kiwi.

Buah kiwi mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan buah jeruk. Selain itu kiwi juga kaya akan serat dan antioksidan yang menjaga agar kulit anak Anda terhindar dari kerusakan.

READ:  9 Makanan Super Melawan Lemak

11. Ubi Ungu.

Ubi ungu atau sweet potatoes ini bisa di berikan pada anak anak dengan cara dipotong tipis–tipis terlebih dahulu lalu digoreng dengan menggunakan sedikit mentega. Ubi ungu mengandung banyak vitamin A yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk anak.

12. Roti Dengan Gandum Utuh.

Kenapa harus roti yang terbuat dari gandum utuh? Karena gandum utuh mengandung banyak serat yang tentunya sangat baik bagi pencernaan anak. Sebenarnya tidak hanya roti, Anda juga bisa memberikan olahan lainnya, misalnya keju atau donat yang terbuat dari tepung gandum utuh.

13. Selai Kacang.

Kacang banyak mengandung protein dan merupakan sumber serat. Sajikan selai kacang yang dioleskan di atas roti.

14. Yogurt.

Setiap 100 gram yogurt mengandung lebih dari 300 miligram kalsium yang akan membantu agar gigi serta tulang anak tumbuh kuat. Tapi pilihlah yogurt yang rendah lemak. Selain itu yogurt juga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan anak.

15. Cantaloup.

Sejenis buah–buahan yang bentuknya hampir mirip dengan melon. Kaya akan beta carotene yang bagus untuk kesehatan mata anak dan juga mengandung vitamin C, pengganti yang cocok bagi anak yang tidak suka makan sayur.

READ:  Ini Dampak Konsumsi Parasetamol Berlebih

(photo: simplebites.net)