Bahaya Menggunakan Software IDM Bajakan

Loading...

internet-download-manager-logo Software IDM

Internet Download Manager (IDM) adalah software pengunduh file berbayar paling populer di seluruh dunia. IDM sangat membantu untuk mengunduh file lebih cepat hingga 10 kali lipat dibandingkan menggunakan fasilitas pengunduh web browser.

Pihak pembuat software menetapkan harga untuk menggunakan softwarenya dan bagi kebanyakan orang hal tersebut menyulitkan. Mereka pun lebih memilih untuk mencari software IDM gratisan yang banyak bertebaran di internet. Hasilnya sama saja dengan yang aslinya dan dapat digunakan gratis hingga berbulan–bulan tanpa memasukkan kode lisensi.

IDM menetapkan bayaran untuk setiap penggunaan softwarenya dan memblokir software IDM yang digunakan secara beramai–ramai tetapi ternyata banyak orang yang bisa menyebarkan crack IDM secara gratis. Biasanya orang yang yang menyebarkan file program gratisan memiliki motif dan maksud tertentu yang menguntungkan dirinya.

IDM bajakan biasanya diunduh secara gratis dan dilampirkan dalam file rar, di dalamnya berisi berbagai file tambahan yang mengandung spyware atau virus.

Apakah bahaya jika memakai IDM bajakan?

1. IDM disertai virus yang tak disadari oleh penggunanya, sering kali bila file tersebut diekstrak maka antivirus akan langsung aktif mendeteksi.

READ:  Spesifikasi Acer Iconia Tab A220

2. IDM disisipi file yang berisi spyware. Spyware biasanya diletakkan di file crack atau patch. Jika diinstal maka ia dapat masuk dan menyusup ke dalam sistem komputer tanpa disadari pemiliknya. Selanjutnya mencuri file–file pribadi di dalam komputer seperti serial software, data bank, kartu kredit, dan data account premium (username dan pasword) yang Anda miliki.

3. IDM disertai dengan script yang jika digunakan untuk mendownload dari file hoster maka akan menyedot bandwidth secara berlebihan. Akibatnya dapat menghabiskan kuota download Anda, selain itu dampak paling buruk adalah akun Anda bisa dibanned karena dianggap berbahaya sebab dapat mengancam keamanan bandwidth penyedia filehoster.

4. IDM bajakan tidak dapat digunakan untuk mendownload dari beberapa filehoster tertentu.

Sangat berbahaya bukan? Membeli software IDM asli hanya membutuhkan sekitar 200-300 ribu rupiah dan bisa dipakai seumur hidup. Buat Anda yang memiliki banyak dokumen yang sangat penting di laptop/pc sebaiknya memilih menggunakan setiap software asli daripada bajakan agar aset Anda tetap aman.

READ:  Iconia B1-A71, Tablet Android Keluaran Acer Seharga Rp 1,6 Jutaan

(photo: xeyri.com )