4 Manfaat Mengkonsumsi Buah Pare Untuk Kesehatan

Loading...

buah pareBuah Pare

Pare merupakan salah satu tanaman rambat yang mudah tumbuh di dataran rendah. Buahnya berwarna hijau berbentuk bulat panjang dan memiliki kulit yang bergerigi.

Buah yang memiliki nama latin Momordica charantia ini memiliki rasa pahit bila dikonsumsi sehingga membuat banyak orang tidak suka memakan buah pare, terutama anak – anak.

Namun siapa sangka dibalik rasa buahnya yang pahit, ternyata menyimpan banyak manfaat buat manusia terutama buat kesehatan.

Apa saja manfaat buah pare dibalik rasanya yang pahit itu?

1. Menjadi Penangkal Sel Kanker

Buah pare mengandung zat lesichin yang berfungsi untuk menangkal sel kanker. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan di Jepang.

Dalam penelitian ini, beberapa ekor tikus diinjeksi dengan sel kanker kemudian diinjeksi dengan ekstrak buah pare. Setelah diamati ternyata pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh tikus tersebut berhenti. Pare juga dapat dikonsumsi untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh Anda.

2. Mencegah Penyakit Diabetes

Buah pare mengandung kadar kalsium yang sangat tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan produksi sel–sel beta dalam pankreas untuk menghasilkan insulin. Insulin yang cukup di dalam tubuh dapat menormalkan kadar glukosa dalam darah.

READ:  5 Nutrisi Penting Untuk Kulit Lebih Sehat

3. Mencegah HIV-AIDS

HIV-Aids merupakan sebuah penyakit yang belum ditemukan obatnya hingga kini. Kita dapat mencegah penularan virus HIV-Aids menyerang tubuh kita dengan makan pare, sebab buah pare mengandung senyawa alpha-momorchorin, beta-momorchorin dan MAP 30 (Momordica antiviral protein 30).

4. Memelihara Kecantikan

Buah pare mengandung vitamin C yang dapat mengatasi ancaman sinar ultraviolet. Vitamin C dalam buah pare ini sangat baik untuk mencegah kerutan pada wajah dan memperlambat proses penuaan dini.

Selain itu, juga dapat memperkuat daya tahan tubuh. Di dalam setiap 100 gram buah pare terdapat 120 mg vitamin C.

Ternyata walaupun buah pare memiliki rasa yang pahit namun sangat bermanfaat buat kesehatan. Jadi, jangan takut makan buah pare. Abaikan rasa pahitnya dan dapatkan manfaatnya untuk kesehatan Anda.

(photo: zelenaplus.com)