4 Hal yang Perlu Dikontrol Ketika Menjalankan Bisnis

Loading...

pengelolaan keuanganPengelolaan keuangan, salah satu poin penting dalam berbisnis

Semua orang ingin hidup dengan lebih baik dan berkecukupan. Sebagian orang memilih untuk bekerja pada orang lain agar hasil yang mereka dapatkan bisa lebih pasti setiap bulannya. Sebagiannya lagi memilih untuk menjalankan bisnis sendiri. Membangun kerajaan bisnis sendiri tentu bukan hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Nah, berikut kami uraikan beberapa hal yang penting Anda perhatikan saat akan menjalankan bisnis sendiri, seperti yang pernah disarankan oleh Tung Desem Waringin.

1. Keuangan.

Ini merupakan hal yang paling penting karena banyaknya uang masuk dan keluar yang menentukan apakah Anda rugi atau untung. Jagalah agar lebih banyak uang yang masuk. Jangan terlalu sering atau terlalu banyak meninggalkan piutang. Piutang itu memang investasi. Namun, piutang yang terlalu lama tidak ditagih jumlahnya akan semakin besar sehingga akan sulit dibayar. Jangan takut jika Anda kehilangan beberapa klien atau pelanggan jika Anda tidak memberikan piutang, itu justru lebih baik karena resiko terjadinya kerugian karena piutang akan semakin kecil.

READ:  Ingin Berwirausaha? Pelajari Tips Suksesnya!

2. Transaksi.

Saat akan melakukan transaksi, jangan lupa untuk selalu mencatatnya serta memberikan bukti transaksi pada pelanggan atau klien. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekeliruan dan kesalahpahaman.

3. Stok.

Jika Anda menjalankan bisnis yang menyangkut dengan jual beli, hal paling utama yang harus Anda lakukan adalah mengontrol atau rutin mengecek persediaan barang yang paling mahal, barang yang paling sering hilang atau dicuri, barang yang paling laris, barang yang retur atau dikembalikan.

4. Disiplin!

Memang kelihatannya sepele karena kita selalu merasa kitalah pemiliknya. Tapi, ini justru akan menghancurkan bisnis Anda bila Anda tidak bisa bersikap disiplin. Jika Anda mengambil barang, maka Anda pun harus membayarnya.

Membangun bisnis memang membutuhkan usaha dan kerja keras pada awalnya, akan tetapi begitu bisnis Anda sudah semakin berkembang, Anda tinggal memetik hasilnya.

(photo: budgeting.thenest.com)