5 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Loading...

potongan kentangKentang menyimpan banyak manfaat

Kentang tak hanya bisa diolah menjadi kentang goreng yang lezat meskipun tidak menyehatkan, tapi ternyata kentang juga bisa digunakan untuk berbagai macam hal yang bermanfaat banyak bagi kesehatan serta kecantikan.

Berikut kami uraikan beberapa manfaat luar biasa dari kentang.

1. Mencerahkan Kulit.

Haluskan kentang hingga berbentuk seperti pasta lalu aplikasikan pada wajah. Ini dapat membantu mengurangi bengkak pada mata, mencegah timbulnya keriput dan membuat kulit nampak lebih cerah. Air sari kentang juga bisa digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat. Caranya: ambil kapas yang telah dituangkan beberapa tetes air sari kentang lalu tepuk–tepukkan pada bekas jerawat.

2. Menstabilkan Kondisi Mental.

Kandungan Vitamin C, A dan nutrisi lainnya pada kentang bisa memberikan pengaruh emosi pada diri seseorang sehingga akan memberikan efek pada mentalnya pula. Mengkonsumsi kentang (bukan kentang yang digoreng) juga bisa membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh.

3. Membantu Proses Diet.

Dalam satu buah kentang, hanya terkandung lemak sebesar 0,1%. Ini memberikan efek baik pada tubuh seseorang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau berdiet. Konsumsilah satu buah kentang ukuran sedang sebagai pengganti makanan pokok dan yang paling penting cara pengolahannya adalah dengan cara dikukus atau direbus (tidak digoreng).

READ:  7 Hal Yang Tidak Menyenangkan Bila Terlalu Cantik

4. Memperlambat Proses Penuaan Dini.

Pada satu buah kentang terkandung berbagai macam vitamin, antara lain Vitamin B1, B2, B6, asam pantotenat, selulosa dan asam amino yang dapat membantu memperlambat terjadinya proses penuaan dini.

5. Tubuh Jadi Lebih Sehat.

Kandungan kalium yang terdapat dalam kentang memiliki efek diuretik dan antispasmodik sehingga membantu melawan berbagai gangguan pada mata, jantung koroner, neuralgia dan arthritis. Selain itu, kentang juga mengandung protein dan vitamin B yang mampu meningkatkan memori (ingatan).

Poin penting dari sehatnya mengkonsumsi kentang terletak pada cara mengolahnya. Kentang goreng memang enak akan tetapi tidak sehat. Jika Anda ingin merasakan secara maksimal manfaat buah kentang, hindarilah cara pengolahan dengan menggorengnya.

(photo: health-shoppe.com)