Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Di Musim Hujan?

Loading...

musim hujanTetap sehat di musim hujan

Datangnya musim hujan dan cuaca yang tak menentu biasanya akan mempengaruhi kondisi kesehatan. Flu, demam dan sakit kepala bisa saja menyerang bila Anda menganggap remeh air hujan dan tidak menjaga kesehatan dengan baik.

Di bawah ini kami akan membahas bagaimana caranya menjaga agar kondisi tubuh kita tetap sehat meskipun di musim penghujan.

1. Siapkan Perlengkapan Hujan.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik Anda menyiapkan payung dan jas hujan untuk dibawa–bawa daripada basah kuyup terkena hujan. Itu akan memperbesar resiko Anda terkena air hujan yang bisa menyebabkan Anda diserang penyakit.

2. Segera Mandi Jika Basah Terkena Hujan.

Sebagian besar menganggap remeh hal ini. Padahal sebenarnya ini sangatlah penting. Mandi dengan air biasa akan membantu menormalkan suhu tubuh. Ketika Anda basah terkena air hujan, suhu tubuh akan berubah drastis belum lagi kuman atau virus yang melekat pada tubuh bisa membuat sistem imun melemah dan membuat tubuh menjadi sakit.

READ:  6 Tips Sehat Agar Cepat Sembuh Dari Flu

3. Berolahragalah!

Jika Anda merasa gejala flu mulai timbul, sebaiknya Anda mulai menggerakkan tubuh Anda atau berolahragalah! Aktivitas yang Anda lakukan selama berolahraga akan mengeluarkan keringat sehingga akan membuat tubuh merasa lebih segar sehingga dan mencegah terkena flu.

4. Cuci Tangan.

Menurut sebagian besar penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui penyebab utama terkena flu, lupa mencuci tangan adalah salah satunya! Kenapa? Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering digunakan ketika beraktifitas, karena itu banyak kuman dan virus penyebab flu yang menempel. Nah, bila Anda mendekatkan tangan dengan mulut, disitulah proses masuknya virus penyebab flu ke dalam tubuh. Maka dari itu, disarankan agar sering mencuci tangan apalagi ketika musim hujan, karena pada musim hujan akan lebih banyak virus yang bisa menyebabkan flu.

5. Banyak Minum Air Putih.

Bentuk tidak langsung dalam pencegahan adalah dengan minum banyak air putih. Air bisa menghidrasi tubuh sehingga membantu tubuh terhindar dari virus pilek dan flu. Air juga bisa membantu membersihkan tubuh dengan mengeluarkannya melalui proses metabolisme.

READ:  6 Vitamin yang Dapat Menyehatkan Tulang

6. Makan Buah dan Sayur.

Sayur dan buah segar mengandung banyak vitamin yang bisa membantu mencegah agar tubuh tidak terkena flu. Selain itu ketika musim hujan, tubuh jadi butuh lebih banyak nutrisi untuk menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi yang fit.

7. Kurangi Merokok.

Merokok biasanya akan menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan. Padahal saluran pernapasan merupakan jalur utama yang pertama kali diserang oleh virus flu. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, maka kurangilah menghisap rokok.

(photo: photography.nationalgeographic.com)