3 Manfaat Sering Makan Coklat Untuk Kesehatan

Loading...

cokelatOlahan cokelat

Februari, bulan kasih sayang bagi orang yang merayakan Valentine’s Day. Banyak yang merayakannya dengan saling bertukar kado dengan pasangan. Memberikan kado cokelat merupakan simbol kasih sayang seseorang sehingga saat Valentine’s Day tiba hampir seluruh toko yang menjual cokelat ramai dikunjungi oleh pasangan muda mudi yang ingin memberikan kado.

Cokelat dibuat dari biji kakao (Theobroma cacao). Rasa cokelat yang manis juga menjadi daya tarik sehingga banyak orang yang suka makan cokelat. Selain itu, ternyata mengkonsumsi cokelat memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, apa saja manfaat cokelat untuk tubuh manusia?

1. Mencegah Penuaan Dini

Cokelat mengandung flavanoid yang merupakan senyawa antioksidan. Seperti yang diketahui bahwa antioksidan berperan dalam mencegah penuaan dini, terutama yang disebabkan oleh radiasi dan polusi.

2. Menghilangkan Rasa Kantuk

Cokelat mengandung theobromine dan kafein sehingga bila dikonsumsi dapat membuat tubuh tetap terjaga seperti layaknya orang yang minum kopi.

3. Menghilangkan Stres

Jika sedang stres dengan kehidupan, cobalah mengkonsumsi cokelat. Hal ini diperkuat dari hasil penelitian dari Universitas California, Sandiego yang mengatakan bahwa orang dengan tingkat stres ringan hingga depresi mengaku makan cokelat saat sedang mengalami perasaan galau. Makan cokelat dapat membantu otak untuk melepaskan hormon serotonin dan endorfin yang berperan dalam membuat perasaan menjadi bahagia.

READ:  Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa

Tetapi yang harus diingat bahwa walaupun cokelat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, namun dapat mengakibatkan kegemukan bila dikonsumsi secara berlebihan tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik yang seimbang.

(Photo : resepmasakanyuni.blogspot.com)