Black Ivory, Kopi Yang Berasal Dari Kotoran Gajah

Loading...

kopi black ivoryMencicipi Black Ivory Coffee, kopi kotoran gajah

Anda pasti sudah sangat mengenal minuman pahit yang berwarna hitam pekat, ya, kopi. Kalau selama ini Anda mengetahui bahwa hewan yang bisa menghasilkan rasa yang enak pada kopi adalah luwak, ternyata masih ada hewan lain yang bisa menghasilkan rasa enak pada kopi melalui kotorannya. Hewan apakah itu? Gajah!

Seperti yang dilaporkan Associated Press, ada lebih dari 20 gajah yang ada di kawasan Segitiga Emas Thailand Utara bisa menghasilkan kopi yang paling mahal di dunia.

Hampir sama seperti luwak, gajah–gajah tersebut diberi makan biji kopi yang ditanam oleh para petani di sana lalu kotorannya diambil untuk kemudian dibersihkan, bijinya diambil dan diolah sebelum dikonsumsi.

Kopi kotoran gajah biasa dikenal dengan Black Ivory atau Gading Hitam. Menurut orang yang sudah pernah mencobanya, kopi kotoran gajah itu memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dari kopi lain karena tidak terlalu pahit. Hal itu dikarenakan ketika gajah memakan biji kopi, asam lambungnya bisa memecah protein yang ada di dalam biji kopi sehingga rasa kopi tidak akan terlalu pahit.

READ:  5 Pertimbangan Dalam Memilih Benang Rajut

Untuk 1 cangkirnya, dihargai sekitar USD 50 dan USD 500 per pon nya. Pertama kali kopi ini dikenalkan oleh sebuah hotel mewah yang ada di Thailand.

(photo: telegraph.co.uk)