8 Langkah Mudah Untuk Dapatkan Rambut Yang Sehat Dan Berkilau

Loading...

Rambut Sehat BersinarRambut Sehat Dan Berkilau

Tidakkah Anda menyukai ketika rambut terasa begitu ringan, lembut dan nampak sehat? Anda bisa mewujudkan itu.

Inilah beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan tanpa perlu menghabiskan waktu berjam-jam di salon untuk mendapatkan rambut yang tampak sehat dan berkilau seperti yang dikutip dari DailyGlow.

1. Gunakan Serum Rambut

Serum rambut biasanya diformulasikan untuk mengatasi rambut yang kaku dan susah diatur. Pilih serum yang tepat untuk rambut Anda di toko kosmetik atau salon kecantikan. Serum mengandung formula yang bida melembutkan rambut yang kusut. Begitu kata Tippi Shorter seorang penata rambut profesional.

Caranya, “tuangkan sedikit serum ke telapak tangan lalu aplikasikan ke rambut. Mulailah dari rambut yang paling bawah”. Jangan gunakan terlalu banyak serum karena akan membuat rambut terlihat lepek.

2. Gunakan Leave-On Conditioner

Kondisioner biasa memang sudah bagus. Namun bila Anda menginginkan rambut yang bersinar dalam waktu cepat, gunakan Leave-On Conditioner.

Kondisioner ini bersifat praktis karena sudah tidak perlu dibilas. Ada dua jenis Leave-On conditioner yaitu yang berbentuk seperti lotion dan spray. Cara menggunakannya sama seperti menggunakan serum.

READ:  6 Rahasia Agar Rambut Anda Selalu Sehat Berkilau

3. Bilas Rambut Dengan Air Dingin

Berhati-hatilah dengan air panas! Akan membuat rambut menjadi lebih kering dan rapuh. Ketika Anda telah selesai memakai shampoo dan kondisioner, bilas dengan air dingin.

“Ini akan menutup kutikula rambut” jelas Shorter. “dan akan membuat rambut terasa ringan dan bercahaya”

4. Pintarlah dalam Mem-Blow Rambut Anda

Ketika Anda mem-blow rambut, arahkan nozzle nya ke rambut sembari menggulungnya dengan round brush. Ketika selesai jangan lupa pencet tombol ‘cool‘ di hairdryer.

Ini akan memberikan efek bersinar yang sama seperti ketika membilas rambut dengan air dingin.

5. Beralih Ke Alat Catok Rambut Yang Silikon

Alat catok rambut akan membuat rambut tampak lebih lurus. Tapi, hindari penggunaan alat catok rambut yang biasa, karena akan membuat rambut rusak karena kering.

Shorter merekomendasikan Anda untuk mencoba alat catok rambut bersilikon agar rambut tidak rusak (patah-patah dan kering).

6. Minum air Yang Banyak

Kenapa? Karena dengan meminum air putih yang banyak itu tidak akan membuat tubuh menjadi dehidrasi dan membuat rambut akan tetap lembab dari dalam. Minimal 8 gelas sehari sudah cukup.

READ:  Tips Mengatasi Bau Pada Ketiak

7. Makan Makanan Yang Bernutrisi

Shorter merekomendasikan agar mengkonsumsi makanan yang bernutrisi yang banyak mengandung vitamin A dan E agar rambut bersinar dan sehat.

Jangan lupa protein yang berfungsi agar rambut tumbuh dengan sehat. “Telur dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang sangat bagus” begitu kata Shorter.

8. Hindari Bahan Kimia

Rambut yang bersinar secara alami adalah rambut yang sehat. Kita tidak bisa menghindari itu. Namun, jangan karena Anda menginginkan rambut yang terlihat bersinar secara instan, Anda sampai menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Hal ini malah akan membuat rambut rusak sehingga mengakibatkan kerontokan dan kebotakan.

(foto: politicalbd.com)