Bagaimana Cara Meningkatkan IQ Anak

Loading...

IQ anakBagaimana cara meningkatkan IQ anak?

Melengkapi menu makanan anak-anak dengan minyak ikan, mendaftarkannya dalam prasekolah berkualitas, dan melibatkan mereka dalam membaca interaktif adalah cara-cara yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan seorang anak, menurut sebuah laporan terbaru.

Simak artikel berikut, dikutip dari psychcentral.com.

Menggunakan teknik yang dikenal sebagai meta-analisis, sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh John Protzko, seorang mahasiswa doktoral di New York University, menggabungkan temuan dari studi yang ada untuk mengevaluasi efektivitas setiap jenis intervensi.

“Tujuan kami (pada penelitian ini) adalah untuk mempelajari apa yang bekerja dan apa yang tidak bekerja untuk meningkatkan kecerdasan seseorang,” kata Protzko.

Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa intervensi makanan dan lingkungan tertentu dapat efektif dalam meningkatkan IQ anak, demikian menurut para peneliti.

Analisis ini menemukan bahwa suplementasi diet dari ibu hamil dan bayi yang baru lahir dengan rantai panjang asam lemak tak jenuh ganda, seperti makanan yang kaya akan omega-3, ditemukan meningkatkan IQ anak-anak dengan lebih dari 3,5 poin. Asam lemak esensial – juga ditemukan secara alami dengan makan ikan – dapat membantu meningkatkan kecerdasan dengan menyediakan bangunan untuk pembangunan sel saraf yang tubuh tidak dapat produksi sendiri.

READ:  Tips Bagi Para Orang Tua untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Anak

Akan tetapi belum ada penelitian yang memadai, untuk menentukan apakah jenis suplemen – termasuk besi, vitamin B kompleks, riboflavin, thiamine, niacin, dan seng – memiliki efek menguntungkan pada kecerdasan.

Intervensi terfokus pada membaca interaktif – mengajar orang tua bagaimana melibatkan anak-anak mereka saat membaca dengan mereka – ditemukan meningkatkan IQ anak-anak lebih dari 6 poin. Taktik ini tampaknya tidak berpengaruh untuk anak di atas 4 tahun, menunjukkan bahwa hal itu dapat mempercepat perkembangan bahasa, yang pada gilirannya meningkatkan IQ, demikian para peneliti berspekulasi.

Mengirim anak ke prasekolah ditemukan dapat meningkatkan IQ lebih dari 4 poin, dan prasekolah yang mencakup komponen pengembangan bahasa ditemukan dapat meningkatkan IQ lebih dari 7 poin.

(photo: alive.com)