Apa Yang Harus Dilakukan Pada Tahun Baru China?

Loading...

the BarongsaiBarongsai

Tahun Baru China (Imlek) jatuh pada tanggal 10 Februari 2013. Masih tersisa 3 hari untuk mempersiapkan segalanya, mulai dari pakaian, makanan khas, dekorasi rumah dan segala hal yang berkaitan. Jika Anda masih bingung akan melakukan apa pada saat Imlek, kami berbagi beberapa hal yang dapat dilakukan pada Tahun Baru China, dikutip dari huffingtonpost.ca. Simak yuk.

Kenakan Pakaian Berwarna Cerah

Hal penting pertama di tahun baru China adalah jangan memakai warna hitam selama perayaan 15 hari. Hitam melambangkan kematian dan Anda tentu tidak ingin menyambut tahun baru dengan lambang kematian di tubuh Anda. Merah adalah warna terbaik karena ini dianggap dapat menangkal roh jahat dan menjauhkan kemalangan.

Membuat Pohon Uang

Menurut Detroit Institute of Arts Museum, pohon uang secara tradisional adalah pinus lebat atau cabang cemara yang “ditanam” di dalam pot porselen berisi beras, biji pinus dan biji melon. Pohon uang dipercaya dapat mengundang keberuntungan dan kemakmuran dalam hidup Anda. Pohon ini kemudian dihiasi dengan koin kertas dan simbol kehidupan yang panjang seperti paper cranes, dengan jin kekayaan bertengger di puncak pohon.

READ:  Tips Menjalin Persahabatan Yang Harmonis

Kunjungi Pameran Tahun Baru China

Jika di kota Anda diselenggarakan pameran dalam rangka Tahun Baru China, jangan buang waktu, segeralah berkunjung. Biasanya di pameran tersebut ada barang-barang lucu dan unik yang berkaitan dengan Imlek. Anda bisa memilih cheongsam, lucky cats, lampion, dupa, atau makanan khas Imlek seperti kue keranjang, jeruk mandarin dan lain-lain, untuk dibawa pulang ke rumah Anda.

Nonton Barongsai

Salah satu hal yang menarik ketika Imlek tiba adalah tarian singa atau barongsai. Gerakan para penari yang lihai dan lincah, dengan kostum berwarna warni dan diiringi tabuhan gendang yang bersemangat. Tarian barongsai yang merupakan tarian tradisional Tiongkok, telah melegenda dan memiliki sejarah ribuan tahun.

Kembang Api dan Petasan!

Rentetan petasan yang berbunyi nyaring merupakan hal yang biasa terdengar ketika Imlek tiba. Pemilik usaha menyalakan petasan dengan harapan besar tentang tahun depan yang lebih makmur, petasan juga dipercaya dapat menakut-nakuti roh jahat. Carilah perayaan kembang api terdekat dan larutlah dalam kegembiraan tahun baru China.

READ:  Mengenal Budaya Tionghoa

Makan Mie

Mie yang panjang adalah lambang umur yang panjang dalam budaya China. Mie merupakan salah satu hidangan utama selama perayaan tahun baru China.

Kunjungi Festival Lampion

Pada hari ke-15 dari Tahun Baru China (yang merupakan bulan purnama penuh pada tahun tersebut) festival lampion biasa diadakan. Festival lampion dengan hiasan lentera ini menandai berakhirnya perayaan tahun baru China.

Dan jangan lupakan tradisi mengunjungi rumah rekan dan kerabat agar hubungan kekeluargaan tetap terjaga dengan baik.

(photo: ocancan.deviantart.com)