Pembekuan Otak, Sakit Kepala Akibat Mengkonsumsi Es Krim

Loading...

ice creamEs krim

Pernahkah Anda mengalami sakit kepala mendadak saat makan atau minum sesuatu yang sangat dingin? Ini adalah pembekuan otak, kadang-kadang disebut sakit kepala es krim. Istilah medis untuk sakit kepala jenis ini adalah sphenopalatine ganglioneuralgia.

Ketika sesuatu yang dingin menyentuh langit-langit mulut Anda, perubahan suhu tiba-tiba pada jaringan merangsang saraf menyebabkan pelebaran cepat dan pembengkakan pembuluh darah. Ini merupakan upaya untuk mengarahkan darah ke daerah tersebut dan menghangatkannya kembali.

Pelebaran pembuluh darah memicu reseptor nyeri, yang melepaskan prostaglandin penyebab rasa sakit, meningkatkan kepekaan terhadap rasa sakit lebih lanjut, dan menghasilkan peradangan sementara mengirim sinyal melalui saraf trigeminal untuk menyiagakan otak terhadap masalah. Karena saraf trigeminal juga bisa merasakan nyeri wajah, otak menafsirkan sinyal rasa sakit tersebut berasal dari dahi. Ini disebut ‘nyeri alih’ karena penyebab rasa sakit berada di lokasi yang berbeda dari tempat Anda merasakannya.

Pembekuan otak biasanya menyerang sekitar 10 detik setelah langit-langit mulut dingin dan berakhir setelah setengah menit. Hanya sepertiga orang yang mengalami otak beku akibat makan sesuatu yang dingin, meskipun kebanyakan orang rentan terhadap sakit kepala terkait akibat paparan iklim yang sangat dingin.

READ:  Cara Mengecek Kanker Kulit di Tubuh Anda

Makan es krim secara perlahan kurang cenderung menyebabkan pembekuan otak. Salah satu cara tercepat untuk mengurangi rasa sakit akibat pembekuan otak adalah dengan menghangatkan langit-langit mulut Anda dengan lidah Anda.

(photo: flickriver.com)