Akhirnya Ada Bahasa Bali di Google Indonesia!

Loading...

google bahasa baliGoogle dalam Bahasa Bali

Apakah Anda memperhatikan halaman Google Indonesia hari ini? Sekilas memang tidak ada yang berbeda. Namun bila diperhatikan lebih detail ternyata ada perbedaan sedikit pada bagian bawah kotak pencarian Google Indonesia, di mana terdapat bahasa Bali dalam pilihan pencariannya. Sebelumnya hanya terdapat 2 pilihan bahasa pencarian di Google Indonesia yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.

Hari ini 15 Februari 2012, Google ternyata telah merilis fitur baru pada halaman Google.co.id yaitu penambahan Bahasa Bali sebagai pilihan pencarian. Ini merupakan lanjutan fitur sebelumnya yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.

Fitur Bahasa Bali ini berhasil ditambahkan berkat kerjasama antara Yayasan Dwijendra bersama BASAbali.org. Sekitar 45 mahasiswa dan ahli bahasa Universitas Udayana dan Yayasan Dwijenda serta Balai Bahasa bekerja sama melakukan penerjemahan.

Google Indonesia Head of Country, Rudy Ramawy dikutip dari merdeka menjelaskan bahwa Google Indonesia siap membantu pelestarian dan publikasi warisan budaya Indonesia.

Semoga ke depannya semakin banyak bahasa daerah di Indonesia yang dimuat oleh Google Indonesia.

READ:  8 Lokasi Pre-wedding Terbaik di Bali

(Photo : google.co.id)