5 Alasan Menjadi Volunteer Ketika Anda Sedang Traveling

Loading...

Cheetah-Voluntourism-Project-3Cheetah Voluntourism Project

Ingin merasakan perjalanan yang berbeda? Shelley Seale, seorang jurnalis dan penulis lepas untuk National Geographic, USA Today, Globe Pequot Press, Andrew Harper Traveler dan CNN, berbagi mengapa menjadi relawan akan membuat Anda berpikir kembali tentang cara Anda menjelajahi dunia, dikutip dari travelandescape.ca.

Pernahkah Anda merasakan bahwa akhir-akhir ini perjalanan Anda mulai kabur dalam memori? Penginapan yang tampak sama, mengunjungi wisata lokal atau perjalanan Anda hanya untuk menghabiskan hari bersantai di sebuah pantai kemudian berkunjung ke bar atau pub. Pada akhirnya Anda menyadari bahwa Anda tidak dapat mendefinisikan kesan budaya yang Anda peroleh dari tempat tersebut.

Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak sudut pandang budaya orang lokal ketika sedang traveling adalah menjadi volunteer atau relawan. Sekarang, volunteer travel sedang menjadi tren di antara para traveler dari berbagai tipe dan usia, bahkan telah menjadi satu istilah tersendiri: Voluntourism.

Berikut adalah 5 alasan utama mengapa Anda disarankan untuk menjadi relawan pada perjalanan berikutnya:

READ:  Padang, Eksotisme Perbukitan dan Samudera

1. Kenal Lebih Dekat

Anda bisa mengenal orang-orang dengan cara yang lebih dekat dan intim, yang tidak mungkin Anda lakukan dalam suatu kunjungan liburan yang singkat. Mengenal lebih dekat berbagai macam karakter orang-orang entah itu orang lokal, orang-orang organisasi di mana Anda menjadi relawan, wisatawan lainnya ataupun sesama relawan, akan memperkaya hidup, wawasan dan sudut pandang Anda. Anda akan memiliki banyak teman di mana-mana dan hubungan seperti ini biasanya sangat bernilai.

2. Belajar Adat Budaya dan Tradisi

Masyarakat lokal biasanya akan bersemangat untuk menyambut Anda ke negaranya dan bahkan ke dalam kehidupannya. Mereka akan mengundang Anda untuk menghadiri pesta adat, mengenal budaya dan tradisi mereka. Ada banyak tradisi lokal unik dan menarik yang hanya membolehkan dihadiri oleh keluarga dan orang terdekat, dan Anda tidak akan mungkin menghadirinya jika berlibur ke daerah tersebut sebagai wisatawan.

3. Biarkan Mereka Mengenal Anda

Seperti Anda tertarik untuk mengenal budaya dan tradisi lokal, merekapun biasanya akan berkeinginan untuk mengenal Anda, dari mana Anda berasal, bagaimana budaya dan tradisi di daerah asal Anda. Di sinilah pertukaran informasi budaya terjadi. Betapa menakjubkan bahwa di balik perbedaan keyakinan, tradisi, agama dan sejarah, pada hakekatnya semua manusia itu mirip. Kebanyakan orang ingin dicintai dan diperhatikan, merawat keluarga mereka, membuat kehidupan yang lebih baik, tertawa dan bernyanyi menemukan sukacita. Semakin Anda membuka diri, semakin erat ikatan Anda dengan mereka.

READ:  8 Tips Traveling Bagi Ibu Hamil

4. Bersenang-senang

Ketika memutuskan untuk menjadi relawan, pilihlah bidang di mana Anda betul-betul memiliki ketertarikan yang dalam, apa yang ingin Anda lakukan dan apa jenis masalah yang Anda pedulikan.  Bermain bersama anak-anak, menolong orang lain atau berinteraksi dengan satwa liar. Setiap hal yang Anda lakukan di mana Anda memiliki passion terhadapnya, akan mudah untuk dijalani dan dapat Anda lakukan sambil having fun.

5. Berbagi

Voluntourism bukan sekedar jalan-jalan. Anda berbagi kepada masyarakat lokal di daerah yang Anda datangi. Dan pada akhirnya, inilah alasan penting mengapa Anda mesti melakukannya. Berbagi kepada orang lain 🙂

(photo: africafreak.com)