Negara-Negara Penghasil Spam Terbanyak di Dunia

Loading...

Spam pada sistem elektronik mail (e-mail) merupakan e-mail yang disebarkanluaskan secara acak di dunia maya. Biasanya e-mail spam tidak pernah kita ketahui siapa pengirimnya. Ciri-cirinya adalah masuk dalam kotak e-mail kita secara serempak dan tak terkendali. Mengakibatkan kejengkelan karena kehadirannya yang tidak diinginkan dan membuat kotak e-mail menjadi penuh.

Pada tahun 2012, hasil data Kaspersky Lab menunjukkan bahwa spamming lewat e-mail berkisar antara 72% – 82% di seluruh dunia. Lebih rendah jumlahnya daripada tahun 2011 lalu. Berkurangnya jumlah tersebut diakibatkan karena sistem perlindungan pada e-mail semakin kuat. Mulai dari e-mail berbayar, hingga yang gratisan.

Berikut kondisinya dalam table.

data spam email Kaspersky Lab(photo: kaspersky.com)
Hasil data Kaspersky Lab tahun 2012 (photo: kaspersky.com)

Faktor pemasaran dan iklan pada awalnya menjadi penyebab spam banyak bertebaran. Dan pada tahun 2012 mulai berkurang semenjak biaya iklan dan pembuatan iklan seperti banner di blog semakin murah, utamanya biaya iklan pada platform yang legal.

Tahukah Anda bahwa Asia saat ini merupakan penghasil spam terbanyak di dunia. Persentase dari Kaspersky Lab menyatakan bahwa Negara China merupakan penghasil spam terbanyak dengan angka 19.5%. Sementara USA merupakan penghasil tertinggi di tingkat dunia dengan angka 20.8%.

READ:  Mengapa Sentuhan Dapat Meningkatkan Kesehatan Anda?

Seperti inilah persentasenya.

Persentase dari Kaspersky Lab
Persentase dari Kaspersky Lab (photo: kaspersky.com)

Indonesia tak luput dari negara-negara penghasil spam terbanyak di dunia. Dari data di atas menunjukkan bahwa pada tahun 2012, Indonesia menempati peringkat ke-7 dengan persentase nilai mencapai 3.1%. Sebanding dengan perkembangan IT tahun 2012.

Melihat kondisi di atas, tahun 2013 ini mungkin saja penyebaran e-mail bisa berkurang atau mungkin malah bertambah. Semoga saja tidak.

Loading...