Benarkah Google ‘Mengintip’ Semua Isi Gmail?

Loading...

Don't Get Scroogled by GmailDon’t Get Scroogled by Gmail

Microsoft yang baru–baru ini meluncurkan layanan Outlook, pada tanggal 7 Februari kemarin melancarkan serangan mereka terhadap layanan kirim surat elektronik atau surel milik google, yakni Gmail.

Tagline kampanye mereka “Don’t Get Scroogled by Gmail” yang artinya ‘jangan biarkan Anda diintip oleh Google’ ternyata telah ditayangkan di TV di Amerika Serikat serta telah dimuat di media cetak.

Iklan tersebut menampilkan kata ‘Scroogle’ yang berwarna–warni. Hal ini tentu saja membuat fokus langsung mengarah pada Google. Tujuan Microsoft tentu agar pengguna Gmail beralih menggunakan layanan Outlook mereka serta mengedukasi setiap pengguna layanan jasa email. Karena berdasarkan survey yang telah dilakukan, sebanyak 70% pengguna Gmail sama sekali tidak tahu bahwa isi email mereka sering ‘diintip’ oleh Google.

Microsoft sendiri menggunakan tagline tersebut berdasarkan fakta Google yang selalu ‘mengintip’ atau melihat semua email pengguna layanannya agar bisa mengirimkan iklan yang sesuai dengan pengguna Gmail.

Tak hanya sampai di situ, Microsoft juga membuat petisi agar Google mau menghentikan kebiasaan mereka untuk mengintip serta mengirimkan iklan pada pengguna layanan mereka. Saat ini telah didapatkan 121 tanda tangan dari target yang ingin dicapai sebanyak 25.000 tanda tangan.

READ:  Menjajal Fitur Baru OS Android Jelly Bean

Microsoft sendiri mengklaim bahwa layanan Outlook mereka tidak akan men-scan email atau data pengguna layanan mereka hanya untuk menjual iklan. Di lain pihak, Google membantah bahwa metode scanning yang mereka lakukan bisa mengganggu privasi atau bahkan merugikan pengguna.

(photo: itp.net)

Loading...