Benarkah Anjing Bisa ‘Membaca’ Pikiran Manusia?

Loading...

anjingAnjing dan pemiliknya

Belum lama ini telah dilakukan penelitian terhadap 84 anjing yang hasilnya telah diterbitkan oleh Animal Cognition Journal. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa anjing ternyata memiliki kemungkinan 4 kali lebih tinggi mencuri makanan ketika lampu dimatikan. Itu berarti perilaku anjing juga akan berubah jika pemiliknya berubah.

Sebelumnya, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah anjing bisa menyesuaikan perilakunya dalam menanggapi perubahan sikap majikannya. Dan hasil dari penelitian menunjukkan ternyata anjing bisa dan mampu menyesuaikan terhadap perubahan.

Ketika lampu telah dimatikan dan anjing mencuri makanan yang dilarang, hal ini menunjukkan bahwa anjing bisa membedakan apakah ada orang disekitarnya yang melihat jika dia akan mencuri makanan.

“Anjing tahu bahwa manusia tidak bisa menebak dalam kondisi yang gelap, itu berarti ada kemungkinan bahwa anjing mengerti perspektif manusia” ujar Dr Juliane Kaminski, salah satu peneliti dari Fakultas Psikologi Universitas Portsmouth, Inggris seperti yang dikutip dari BBC indonesia.

Penemuan ini ternyata juga berguna untuk mengetahui kemampuan anjing yang bisa membantu manusia, antara lain pemandu untuk tunanetra dan dijadikan anjing pelacak untuk membantu polisi.

READ:  Sifat Dan Karakter Manusia Dari Golongan Darah

(photo: jhblive.com)