Metode Memasak Sehat

Loading...

Memasak adalah salah satu cara untuk mengolah makanan. Namun, terkadang cara memasak yang salah bisa mengurangi nutrisi atau vitamin penting yang terkandung di dalam bahan makanan. Misalnya saja memasak dengan suhu panas yang terlalu tinggi.

Penelitian membuktikan bahwa makanan yang telah dimasak ternyata mengandung nutrisi yang lebih tinggi, misalnya wortel, bayam dan tomat. Proses mengolah sayuran tersebut dengan memasak dapat membantu proses pelepasan antioksidan yang terkandung di dalamnya, dengan cara menghancurkan dinding sel sehingga zat penting di dalam sayuran lebih gampang diserap oleh tubuh.

Berikut kami uraikan beberapa metode memasak yang baik dan dianggap paling sehat:

1. Menggunakan Microwave.

microwave
Memasak dengan microwave (photo: newsday.com)

Memasak dengan microwave memakan waktu yang sangat singkat atau sebentar sehingga resiko kerusakan nutrisi yang terjadi pada bahan makanan menjadi lebih sedikit. Penelitian yang telah dilakukan bahkan mengatakan bahwa kandungan vitamin C pada sayuran brokoli akan lebih optimal jika dimasak dengan menggunakan microwave. Agar sayuran tidak menjadi kering ketika dimasak, tambahkan sedikit air dan gunakan wadah yang khusus untuk microwave.

2. Direbus.

brokoli rebus
Brokoli rebus (photo: agoodappetite.blogspot.com)

Cara ini termasuk sangat mudah dan cepat. Hanya perlu menambahkan sedikit garam ke dalam air. Namun, ketika merebus sayuran atau bahan makanan lainnya sebaiknya jangan menggunakan suhu atau api yang terlalu besar serta jangan menggunakan air yang terlalu banyak. Hal tersebut dapat membuat vitamin larut air yang terkandung di dalam bahan makanan berkurang hingga 70%. Bahan makanan yang dianjurkan untuk direbus adalah wortel, zucchini dan brokoli.

READ:  Jenis Makanan yang Membunuh Diam-Diam

3. Dikukus.

Mengukus udang dengan pengukus bambu
Mengukus udang dengan pengukus bambu (photo: recipe-finder.com )

Hampir semua bahan makanan cocok dimasak dengan cara dikukus. Cara ini akan membuat rasa asli dan nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan tetap terjaga.

4. Dibakar/panggang.

Daging bakar
Daging panggang (photo: Latoro.com)

Metode ini dilakukan dengan cara meletakkan bahan makanan langsung di atas api. Daging–dagingan merupakan jenis makanan yang paling cocok diolah dengan cara dibakar. Cara lainnya adalah dengan membungkus daging dalam aluminium foil lalu meletakkannya di atas arang yang telah membara atau di atas api.

5. Ditumis.

sayur tumis
Sayur tumis (photo: birdandbelle.wordpress.com)

Cara memasak yang satu ini dianggap sehat karena proses pengolahannya hanya menggunakan sedikit minyak. Contoh jenis makanan yang bisa diolah dengan cara ini antara lain berbagai macam sayuran.