Singkirkan Kosmetik Yang Mengandung Mineral Oil

Loading...

mineral oil kosmetikWaspadai kosmetik yang mengandung mineral oil

Wanita tentu ingin selalu tampil cantik makanya banyak di antara mereka selalu menggunakan kosmetik atau produk perawatan kecantikan. Namun, tahukah Anda ada beberapa kandungan yang kadang dianggap aman bagi kulit ternyata berbahaya? Menurut beberapa ahli yang telah melakukan penelitian, produk perawatan kulit yang harus dihindari antara lain yang mengandung alumunium, hidroquinon, Sodium Lauryl Sulfate (SLS), timah, tembaga dan merkuri, arsen dan cadmium, serta logam berbahaya lainnya.

Lalu apa bahan kosmetik yang selalu dianggap aman padahal sebenarnya berbahaya? Mineral oil! Hindari menggunakan kosmetik yang mengandung mineral oil. Mineral oil sendiri adalah minyak bumi yang telah melalui proses pemurnian. Namun bila digunakan dalam pembuatan kosmetik, bisa mengganggu atau mempengaruhi karakteristik kekentalan formulasi krim yang dihasilkan.

Penggunaan mineral oil dalam kosmetik masih menjadi perdebatan karena banyak ahli yang mengkhawatirkan reaksi jangka panjang dari penggunaan minyak mineral tersebut. Reaksi yang bisa ditimbulkan antara lain perubahan menjadi senyawa yang bersifat karsinogenik atau pemicu kanker yang bisa membuat kulit berjerawat, jadi lebih kering bahkan mempercepat proses penuaan dini.

READ:  Rahasia Klinik Kecantikan yang Membahayakan Anda

Kosmetik yang mengandung mineral oil juga amat sangat dilarang digunakan oleh pemilik kulit yang berminyak, karena akan menutupi pori–pori di permukaan kulit sehingga mengganggu proses sirkulasi udara dalam kulit dan pada akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat.

Jika Anda akan membeli kosmetik, pastikan terlebih dahulu apa saja yang terkandung dalam produk perawatan kecantikan tersebut dan jangan lupa untuk memperhatikan kecocokannya dengan tipe kulit yang Anda miliki, apakah kulit kering, berminyak atau kombinasi.

(photo: healthmeup.com )