Efek Samping Penggunaan Permen Karet Nikotin Jangka Panjang

Loading...

Permen Karet Nikotin Apa efek samping Permen Karet Nikotin?

Dalam dosis kecil, seperti yang terkandung dalam permen, nikotin umumnya dianggap aman. Tapi ia memiliki sifat stimulan yang bisa meningkatkan tekanan darah, meningkatkan denyut jantung dan menyempitkan pembuluh darah. Satu studi besar tahun 2010 menemukan bahwa dibandingkan dengan orang yang diberi plasebo, orang yang menggunakan terapi pengganti nikotin memiliki resiko jantung berdebar dan nyeri dada lebih tinggi.

Itulah salah satu alasan mengapa permen karet nikotin harus, idealnya, digunakan tidak lebih dari empat sampai enam bulan, kata Lauren Indorf, seorang praktisi perawat Cleveland Clinic’s Tobacco Treatment Center. Namun hingga 10 persen orang menggunakannya untuk waktu yang lama, dalam beberapa kasus untuk satu dekade atau lebih, katanya.

Nah, apa efek jangka panjang dari penggunaan permen karet nikotin? Simak artikel berikut yang kami rangkum dari nytimes.com.

Beberapa studi telah mengangkat spekulasi bahwa penggunaan jangka panjang dari nikotin juga dapat meningkatkan resiko kanker, meskipun sebagian besar telah melibatkan laboratorium dan penelitian hewan. Satu laporan terbaru yang meninjau bukti pengganti nikotin dan terapi kanker menyimpulkan bahwa “resiko, jika ada, tampaknya kecil dibandingkan dengan merokok terus-menerus.”

READ:  Mengenal Bacterial Vaginosis, Infeksi Pada Vagina

Pada akhirnya, masalah terbesar menggunakan permen karet nikotin untuk jangka panjang adalah bahwa semakin lama Anda menggunakannya, semakin lama Anda tetap tergantung pada nikotin dan semakin besar peluang Anda untuk kambuh merokok. “Bagaimana jika permen karet tidak tersedia dalam sehari?” Katanya. “Tubuh Anda masih bergantung pada nikotin.”

Jika Anda telah menggunakannya lebih dari enam bulan, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan beralih ke permen karet bebas gula atau bahkan terapi pengganti lain, seperti patch atau nasal spray.

(photo: iquit-smoking.com)