Isi Ulang Baterai Smartphone Dengan Minuman, Hemat!

Loading...

Setelah sebelumnya pernah dibahas mengenai powerbank yang tenaga listriknya dihasilkan dari air, kali ini kami akan membahas mengenai cara mengisi baterai ponsel dengan menggunakan ‘tenaga minuman’.

Produk yang dibuat oleh Epiphany Labs ini diberi nama One Puck. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? One puck ini bentuknya bulat seperti tatakan gelas yang memiliki 2 sisi berwarna merah dan biru. Ketika Anda meletakkan minuman panas pada sisi yang berwarna merah maka mekanisme Striling Engine yang ada di dalam One Puck akan segera mengubahnya menjadi listrik yang bisa dipakai untuk mengisi ulang baterai smartphone.

One puck
Mengisi ulang dengan minuman panas (photo: ecochunk.com)

Begitu pula yang akan terjadi jika Anda meletakkan minuman dingin pada sisi yang berwarna biru. Jadi Anda masih tetap bisa menikmati minuman sambil mengisi baterai smartphone Anda.

charger One puck
Mengisi ulang dengan minuman dingin(photo: mashable.com)

Epiphany Labs mengatakan bahwa One Puck merupakan peralatan yang sangat kompatibel dengan semua jenis iPhone, iPod, semua jenis ponsel Android, serta semua ponsel yang cara mengisi baterainya bisa melalui USB port dengan arus 1000 mA.

READ:  Belajar Bahasa Inggris Dengan Ponsel Anda

Namun, belum diketahui berapa lama waktu persisnya yang dibutuhkan segelas es teh atau secangkir kopi panas untuk mengisi baterai sebuah smartphone karena semua itu dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, misalnya, seberapa panas atau dinginnya minuman yang diletakkan di tasnya.

Perangkat ini belum diproduksi secara massal karena masih harus mengumpulkan dana sebesar USD 100.000 untuk menutupi biaya produksinya, dengan tenggat waktu sampai maret 2014 dan diperkirakan harga jual per unitnya 62 Euro.