Inilah Daftar 10 Makanan Tersehat di Dunia

Loading...

Bayangkan pilihan makanan yang lezat, bergizi dan baik untuk Anda. Menurut survei yang berbeda dan sumber-sumber di Amerika Utara dan Eropa Barat, sepuluh makanan berikut umumnya dianggap yang paling sehat, dikutip dari medicalnewstoday.com.

1. Apel

buah apel
(photo: wallpapersshop.net)

Apel merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam apel (polifenol) mungkin memperpanjang rentang hidup. Studi lain menemukan bahwa wanita dewasa yang rutin mengonsumsi apel memiliki risiko 13% sampai 22% lebih rendah terkena penyakit jantung.

2. Almond

almonds
(photo: genericviagra123.com )

Almond kaya akan nutrisi, termasuk zat besi, kalsium, vitamin E, serat, riboflavin, dan magnesium. Sebuah tinjauan ilmiah yang diterbitkan dalam Nutrition Reviews tahun lalu menemukan bahwa almond sebagai makanan dapat membantu menjaga kadar kolesterol sehat. Almond juga memiliki kandungan serat tertinggi dari kacang.

3. Brokoli

Brokoli
(photo: healthyfresh.org)

Brokoli kaya serat, folat, kalsium, kalium, dan fitonutrien. Fitonutrien merupakan senyawa yang mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker. Brokoli juga mengandung beta-karoten, antioksidan, serta vitamin C. Para peneliti mengatakan bahwa menambahkan brokoli pada makanan seringkali dapat melipatgandakan sifat antikanker.

READ:  5 Makanan yang Membantu Melawan Rasa Sakit

4. Blueberry

blueberry
(photo: organicblueberry.co.uk )

Blueberry kaya akan fitonutrien, antioksidan dan serat. Menurut sebuah penelitian, orang tua yang makan banyak blueberry (dan stroberi) kecil kemungkinannya menderita penurunan kognitif. Dalam penelitian lain ia ditemukan membantu dalam mengendalikan obesitas.

Tanaman polifenol, yang berlimpah dalam blueberry, telah terbukti mengurangi perkembangan sel-sel lemak (adipogenesis), sembari mendorong pemecahan lipid dan lemak (lipolisis). Konsumsi blueberry juga telah dikaitkan dengan rendahnya risiko pengerasan arteri, dan/atau penyakit usus.

5. Ikan berminyak

ikan berminyak
(photo: nationalnursingreview.com)

Contoh ikan berminyak meliputi salmon, trout, mackerel, herring, sarden dan ikan. Ikan berminyak mengandung hingga 30% minyak, khususnya asam lemak omega-3. Minyak ini dikenal memberikan manfaat bagi jantung, serta sistem saraf. Ikan berminyak juga dikenal memberikan manfaat bagi pasien dengan kondisi inflamasi. Minyak ikan juga mengandung vitamin A dan D.

Para ilmuwan di UCLA menemukan bahwa perkembangan kanker prostat secara signifikan melambat ketika pasien menjalani diet rendah lemak dengan suplemen minyak ikan.

6. Sayuran berdaun hijau

bayam
(photo: hyatt.jobs )

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan tinggi sayuran berdaun gelap, seperti bayam atau kubis secara signifikan dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2.

READ:  Khasiat dan Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

7. Ubi jalar

ubi jalar
(photo: holisticallyhaute.com )

Ubi jalar kaya serat makanan, beta karoten, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B6, serta karoten.

8. Bibit gandum

bibit gandum
(photo: exetermc.com )

Bibit gandum adalah bagian dari gandum yang berkecambah dan akan tumbuh menjadi tanaman – cikal bakal benih. Bibit gandum tinggi dalam beberapa nutrisi penting, seperti vitamin E, asam folat (folat), thiamin, zinc, magnesium, fosfor, serta alkohol lemak dan asam lemak esensial. Bibit gandum juga merupakan sumber serat yang baik.

9. Alpukat

Alpukat
(photo: nutrition-facts-info.com)

Alpukat juga sangat kaya akan vitamin B, serta vitamin K dan vitamin E. Alpukat juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dari 25% larut dan serat tidak larut 75%. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi alpukat teratur menurunkan kadar kolesterol darah.

Para peneliti dari Ohio State University juga menemukan bahwa nutrisi yang diambil dari alpukat mampu menghentikan sel-sel kanker mulut, dan bahkan menghancurkan beberapa sel pra-kanker.

10. Oatmeal

oatmeal
(photo: killerbunniesinc.com )

Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda memakan semangkuk oatmeal sehari-hari tingkat kolesterol darah akan turun, karena kandungan serat larutnya. Oat kaya karbohidrat kompleks, serta serat larut dalam air, yang memperlambat pencernaan dan menstabilkan kadar glukosa darah. Bubur Oatmeal ini sangat kaya akan vitamin B, omega-3 asam lemak, folat, dan potasium.