Siapa Bilang Liburan Ke Bali Itu Mahal?

Loading...

Bali? Yaiy. Siapa sih yang tidak suka ke Bali? Bule-bule bahkan terkadang lebih mengenal Bali dibanding Indonesia sendiri. Biasanya jika mendengar kata “akan liburan ke Bali” yang terbayang di kepala adalah aduh, pasti mahal nih. Padahal jika Anda tahu taktiknya, Anda pun bisa liburan ke Bali dengan budget terbatas.

Tempat-tempat wisata di Bali memang agak berjauhan. Agar lebih murah, Anda bisa menyewa motor, hanya Rp 50 ribu per hari. Di Poppies Lane – Kuta, ada banyak hostel dan penginapan dengan harga terjangkau. Anda juga bisa sharing kamar dan makanan dengan teman traveling Anda.

Kami berbagi 3 tempat wisata di Bali yang terkenal sebagai lokasi wisata yang mahal tetapi tetap dapat Anda kunjungi dan tidak membuat kantong Anda jebol.

1. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran
Jimbaran Puri Beach (photo: turquoiseholidays.co.uk)

Jimbaran terletak di selatan Kuta, dulunya adalah sebuah desa nelayan yang tenang dan sepi. Hingga akhirnya para investor melirik dan menyadari potensi wisata Jimbaran. Sekarang, Jimbaran menjadi salah satu lokasi wisata paling mewah di Bali. Pantai yang indah, pantai pasir putih dan pesona matahari terbenam adalah daya tarik Jimbaran yang dikejar oleh para wisatawan. Daya tarik lainnya adalah kulinernya yang berupa makanan laut. Sayang sekali, harganya bisa merobek kantong 😀

READ:  10 Tempat Berlibur Anti-Tech

Salah satu trik yang bisa diterapkan adalah mengunjungi pasar ikan, namanya pasar ikan Kedonganan dan terletak tidak jauh dari Pantai Jimbaran. Selain lebih murah dibanding Anda membelinya di restoran mewah di Jimbaran, seafood di sini juga lebih segar. Anda bisa memilih berbagai macam seafood, mulai dari ikan, cumi, udang berbagai ukuran hingga lobster dengan harga terjangkau. Nah, setelah berbelanja, Anda bisa membakarnya langsung di warung sekitar pasar Kedonganan, tarifnya sekitar Rp 10 ribu.

Jadi, Anda bisa jalan-jalan ke Pantai Jimbaran, berenang, main pasir, berjemur dan lain-lain. Pas lapar, berbelok deh ke pasar Kadonganan untuk berbelanja seafood dan langsung menyantap seafood segar begitu selesai dibakar.

2. Desa Wisata Ubud

Desa wisata ubud
Desa wisata ubud (photo: tamanbebek.com)

Anda pernah menonton film Eat, Pray, Love yang dimainkan oleh aktris Hollywood Julia Robert? Nah, salah satu lokasi syutingnya di Ubud, sebagai tempat pencarian cinta.

Ubud yang terletak di Kabupaten Gianyar semakin berkembang menjadi sentra untuk hasil kerajinan seni di Bali mulai dari ukiran kayu, kerajinan emas perak, lukisan dan seni lainnya. Ubud terutama terkenal karena lokasinya yang sangat indah, terletak di antara jurang-jurang gunung dan area persawahan hijau.

Ada banyak kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di desa wisata Ubud, mulai dari bersepeda keliling Ubud, mengunjungi museum, mengunjungi batik workshop, menonton tari kecak, melihat monyet di Monkey forest hingga mengunjungi teras sawah Tegallalang.

READ:  Menggali Manfaat Melakukan Solo Traveling

Ubud memang terbilang lebih mahal dibanding kawasan wisata lainnya di Bali. Karena itu, untuk Anda yang berkunjung ke Bali dengan budget terbatas, disarankan untuk mencari referensi kuliner hemat dan penginapan murah jika ingin menginap di Ubud. Ada banyak wisma di Ubud dengan rate Rp 200-an ribu, misalnya Chandra Asri Bungalows, Agung Cottages, Dana Sari Accomodation dan lain-lain. Anda juga bisa mengambil opsi, tetap menginap di kawasan Poppies Lane Kuta dan hanya berkunjung ke Ubud dan sekitarnya mulai pagi hingga sore hari.

3. Pantai Dreamland dan Padang-padang

Dreamland Beach
Dreamland Beach (photo: balidrivertour.com )

Bali memang tak lepas dari pantai. Ada banyak pantai di Bali yang dapat Anda kunjungi secara gratis, Anda hanya perlu membayar uang parkir saja. Di antara pantai yang indah tersebut adalah pantai Dreamland dan Padang-padang, pantai berpasir putih yang  sepi pengunjung.

Pantai Dreamland terletak di sebelah selatan Bali di daerah yang bernama Pecatu. Letaknya agak tersembunyi karena berada di belakang kompleks perumahan mewah Pecatu Indah Resort. Pantainya sebenarnya tidak terlalu panjang hanya sekitar 600-800 meter akan tetapi pemandangannya sangat indah. Pasir putih yang bersih dikelilingi tebing-tebing tinggi yang menjulang.

READ:  5 Rekomendasi Wisata di Kalimantan

Tidak jauh dari Pantai Dreamland, Anda dapat mengunjungi pantai Padang-padang. Menemukan pantai ini juga agak sulit, mata mesti awas mengamati. Dari jalan raya Uluwatu, Anda akan menemukan persimpangan dengan papan petunjuk “Padang-Padang Beach – Labuhan Sait Pecatu”. Tersedia area parkir yang luas untuk kendaraan Anda. Uniknya, Anda tidak akan melihat langsung pantai Padang-padang. Anda harus menyeberang jalan, memasuki goa dan menuruni anak tangga yang terjal, gelap dan sempit. Keluar dari jalur ini, Anda akan disambut sebuah pantai yang sangat cantik. Pantai Padang-padang juga tidak panjang, seperti halnya Dream Land, pasirnya putih dengan tebing-tebing terjal menjulang.

Kedua pantai ini lebih banyak dikunjungi bule daripada wisatawan lokal. Mungkin karena pantainya kecil dan lumayan jauh dari pusat kota. Pantainya lebih sepi dan private, tidak seperti pantai Kuta yang terasa sumpek saking banyaknya pengunjung, selain itu pantai ini  masih terjaga keindahan dan kebersihannya.