Kacamata Untuk Penderita Buta Warna

Loading...

kacamata buta warnaKacamata buta warna

Apa itu Buta Warna

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan oleh ketidakmampuan sel–sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu. Buta warna sifatnya bisa diturunkan kepada keturunannya kelak. Akan tetapi bisa juga didapatkan saat anak-anak atau dewasa.Tidak ada cara untuk mengobati buta warna karena hal ini bukanlah penyakit melainkan cacat pada mata.

Banyak masalah yang dihadapi oleh penderita buta warna seperti sulitnya memilih tempat kuliah, sebab pada jurusan tertentu mengharuskan mahasiswanya untuk tidak buta warna.

Ciri-Ciri Buta Warna

Orang yang mengalami buta warna pada umumnya tidak bisa membedakan warna merah , hijau atau biru atau gabungan ketiga warna tersebut.  Sedangkan yang matanya hanya bisa menangkap pantulan cahaya hitam dan putih saja disebut buta warna total. Ia  melihat semua benda hanya dalam dua warna saja yaitu hitam dan putih.

Kacamata Untuk Penderita Buta Warna

Tetapi buat Anda yang mengalami buta warna tak perlu khawatir lagi sebab kini ilmuwan telah membuatkan kacamata khusus untuk penderita buta warna.

READ:  Wah, Ternyata Ada Bulu Mata Palsu Yang Bisa Menyala

Pembuat kacamata ini adalah laboratorium 2AI Labs. Ilmuan penemu kacamata ini, Mark Changizi merupakan seorang spesialis evolusi neurobiologi yang telah melakukan penelitian selama 2 tahun. Ia mengatakan bahwa kebanyakan mamalia memiliki 2 dimensi warna yaitu kecerahan dan abu–abu, tetapi beberapa primata termasuk manusia memiliki dimensi ketiga yaitu merah hijau.

Mark Changizi menemukan bahwa penglihatan merah hijau pada primata sensitif terhadap tingkat oksigenasi dalam darah. Ia kemudian menciptakan kacamata yang dapat digunakan untuk melihat aliran darah di bawah kulit.  Kemudian ia menyadari bahwa ternyata kacamata buatannya dapat digunakan untuk membantu penderita buta warna.

Dilakukanlah pengujian pada penderita buta warna dengan menggunakan kacamata ini, ternyata ia lulus tes pengujian buta warna. Seperti dilansir Telegraph, Jumat (8/2/2013), 2AI Labs juga mengembangkan 2 jenis lensa lain yang digunakan untuk tujuan medis.
Ternyata kacamata buta warna ini ditemukan secara tidak sengaja oleh ilmuwan.

Buat Anda yang menderita buta warna, tidak usah minder lagi sebab kacamata buta warna ini akan rilis akhir tahun 2013.  Jadi siapa saja penderita buta warna dapat membeli kacatama buta warna ini.

READ:  Asus Akan Luncurkan Phablet 7 Inch?

(Photo : dailymail.co.uk)