Air Kelapa dan Kandungan Nutrisinya

Loading...

air kelapaSegarnya air kelapa

Air kelapa adalah jus dalam endosperm kelapa muda. Airnya adalah salah satu minuman alami yang paling menyegarkan, dikonsumsi di seluruh dunia untuk nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan.

Di dalam kelapa hijau, sehat, dan tidak rusak terdapat cairan bening yang manis,  steril dan terdiri dari bahan kimia yang unik seperti gula, vitamin, mineral, elektrolit, enzim, asam amino, sitokin, dan phyto-hormon. Secara umum, kelapa muda dan sedikit matang dipanen setelah 5-7 bulan untuk minumannya.

Tanaman kelapa berasal dari keluarga Arecaceae dari pohon palem dan memiliki nama ilmiah: Cocos nucifera.

Berikut beberapa manfaat air kelapa bagi kesehatan, dikutip dari nutrition-and-you.com.

– Air kelapa adalah minuman yang sangat menyegarkan, mengalahkan rasa haus saat musim panas. Jus dikemas dengan gula sederhana, elektrolit, dan mineral untuk menambah tingkat hidrasi dalam tubuh.

– Studi penelitian menunjukkan bahwa sitokinin (misalnya, kinetin dan trans-zeatin) dalam air kelapa menunjukkan efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik yang signifikan.

– Air kelapa umumnya ditawarkan pada pasien dengan diare di daerah tropis, untuk menggantikan hilangnya cairan tubuh dari saluran pencernaan dan mengurangi kebutuhan untuk terapi intravena. Osmolaritas air kelapa sedikit lebih besar dari osmolaritas oralit sebagai ORS (Oral Rehydration Therapy) yang WHO rekomendasikan. Kehadiran konstituen biologis lainnya seperti asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak dapat menjelaskan osmolaritasnya yang lebih tinggi. Namun, tidak seperti ORS-WHO, airnya sangat rendah sodium dan klorida, namun kaya akan gula dan asam amino.

READ:  10 Khasiat Hebat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

– Air kelapa terdiri dari banyak enzim bioaktif alami seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase, dan lain-lain. Efeknya, enzim ini membantu dalam pencernaan dan metabolisme.

– Meskipun konsistensi sangat ringan, airnya memiliki komposisi yang jauh lebih baik dari mineral seperti kalsium, besi, magnesium, mangan, dan seng dari beberapa buah-buahan seperti jeruk.

– Airnya juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niacin, thiamin, piridoksin, dan folat. Vitamin-vitamin ini sangat penting karena tubuh manusia membutuhkannya untuk mencukupi kebutuhan dari luar.

– Air kelapa mengandung jumlah yang sangat baik dari elektrolit kalium. 100 ml air memiliki 250 mg kalium dan 105 mg natrium. Bersama-sama, elektrolit membantu mengisi kekurangan elektrolit dalam tubuh akibat diare (mencret).

– Lebih jauh, air kelapa segar memiliki sejumlah kecil vitamin C (asam askorbat). Vitamin C merupakan antioksidan yang larut dalam air.

(photo: npr.org )