5 Cek Kesehatan Diri Yang Harus Dilakukan Setiap Wanita

Loading...

pemeriksaan payudara sendiriSetiap memeriksa payudara, jangan lupa cek ketiak Anda

Anda melakukan pemeriksaan payudara di kamar mandi setiap bulan. Anda berkonsultasi ke dokter setiap kali Anda melihat tahi lalat baru. Tapi kemungkinan Anda masih tidak melihat sebagian besar dari apa yang tubuh Anda sedang coba untuk memberitahu pada Anda.

Bahkan perubahan terkecil seperti garis baru pada kuku hingga benjolan di kelopak mata bisa menjadi bendera merah untuk sejumlah kondisi kesehatan, beberapa di antaranya mengancam jiwa, kata Michael Smith, M.D., kepala editor medis WebMD.

Berikut 5 cek kesehatan yang bisa Anda lakukan sendiri, dikutip dari webmd.com:

Cek: Aliran Anda

Jika Anda melihat: bercak sepanjang bulan.

Ini bisa berarti: Kebanyakan wanita mengalami pendarahan vagina yang tidak teratur hingga stres, dan itu bisa menjadi penyebabnya. Tapi bisa juga endometriosis, fibroid rahim, atau bahkan kanker serviks, kata Smith. Ketika kanker serviks menjadi invasif dan mulai menyerang jaringan di dekatnya, seorang wanita dapat mengalami pendarahan vagina yang terjadi antara periode haid, setelah berhubungan seks, atau setelah menopause.

READ:  Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak

Cek: Kuku Anda

Jika Anda melihat: garis gelap di lapisan bawah kuku Anda.

Ini bisa berarti: tahi lalat bermutasi bukan satu-satunya tanda kanker kulit, penyakit juga dapat berkembang di bawah kuku Anda. Garis-garis kekuningan, coklat, atau hitam semua bisa menjadi tanda-tanda kerusakan sel, mungkin dari melanoma, bentuk kanker kulit paling mematikan, kata Smith. Satu orang meninggal akibat penyakit ini setiap jam, menurut American Cancer Society, dan dalam beberapa tahun terakhir, tingkat melanoma telah meningkat paling drastis pada wanita muda.

Cek: Corak Kulit Anda

Jika Anda melihat: Rambut tebal atau jerawat yang tumbuh.

Ini bisa berarti: Salahkan hormon -dan sindrom ovarium polikistik. Kondisi ini, ditandai dengan resistensi insulin, menstruasi yang tidak teratur, dan kelebihan produksi hormon seks pria, dapat menyebabkan kulit berminyak berjerawat dan pertumbuhan rambut tebal di wajah, dada, perut, punggung, ibu jari, dan jari kaki. “Gejala-gejala yang hampir konsisten dengan pubertas pada pria,” kata Smith. Jangan malu. Sebanyak satu dari 10 wanita usia subur memiliki PCOS, menurut Office on Women’s Health di U.S. Department of Health and Human Services. Hal ini dapat menjadi faktor resiko untuk masalah serius seperti infertilitas, sindrom metabolik, dan diabetes.

READ:  Tips Agar Pasangan Mau Mendengarkan Anda

Cek: Ketiak Anda

Jika Anda melihat: belang kasar, kulit gelap.

Ini bisa berarti: Anda mungkin memiliki diabetes. Kelebihan insulin dalam aliran darah Anda dapat menyebabkan sel kulit berkembang biak secara abnormal dengan cepat, mengarah ke penumpukan jaringan dan melanin (pigmen kulit). Hal ini dapat membuat kulit di bawah lengan Anda terasa lebih tebal dan terlihat lebih gelap.

Cek: Kelopak Mata Anda

Jika Anda melihat: Benjolan kecil lembut yang terlihat putih atau lunak, dan tidak ada pembersih makeup yang bisa menghilangkannya.

Ini bisa berarti: Ini merupakan endapan kecil dari kolesterol di bawah kulit Anda, kata Smith. Sayangnya, pada saat mereka muncul, kadar kolesterol Anda mungkin 300 atau lebih, katanya. (Kadar kolesterol optimal di bawah 200.) Dan dengan menyumbat arteri Anda, kadar kolesterol tinggi menempatkan Anda pada resiko serius untuk penyakit jantung.

(photo: guardian.co.uk)