Yang Mana Jenis Game Kesukaan Anda?

Loading...

project shield Gaming portable

Hampir sebagian orang di muka bumi ini menyukai game, khususnya game komputer. Game pun sampai hari ini ada ratusan ribu jumlahnya. Mulai dari yang sederhana, hingga yang rumit. Di kemudian hari, game-game tersebut dikategorikan menjadi beberapa bagian. Bertujuan untuk memudahkan siapa target penggunanya dan memperjelas apa tujuan dari game ini.

Pengkategoriannya juga berdasarkan interaksi gameplay dari tampilannya dan dari narasinya. Klasifikasi ditentukan dari berbagai pengaturan atau konten game tersebut. Pengelompokan jenis game tidak seperti film dan buku yang hanya terbagi menjadi fiksi dan non-fiksi. Game action misalnya, akan tetap disebut sebagai kategori action meskipun mengambil tempat di dunia fantasi atau ruang angkasa sekalipun.

Berikut jenis-jenis game yang layak untuk Anda ketahui:

Fighting Game

Seperti nama kategorinya, game ini bercirikan pertarungan satu lawan satu antara dua karakter. Game seperti ini bisa dimainkan sendiri sambil melawan komputer, dan juga bisa dimainkan berdua. Game paling anyar yang bisa ditemukan dengan kategori seperti ini adalah game Street Fighter II.

First Person Shooter

Game First Person Shooter biasanya dikenal dengan sebutan FPS. Ciri utama dari jenis game ini adalah pemain diberikan  nuansa “berada disana”, dan pemain bisa fokus pada bidikan di depannya. Game ini dimainkan oleh seseorang dan mengendalikan satu karakter. Salah satu contoh dari game ini ini adalah Call of Duty.

Beat ’em up/ Hack and Slash

Game Beat ’em up dan hack and slash mempunyai ciri pertarungan jarak dekat antara satu dengan banyak musuh. Jenis game ini menjadi populer pada tahun 1987 dengan dirilisnya Double Dragon, yang kemudian disusul oleh semakin banyaknya game yang mirip dengan game tersebut.

READ:  Perangkat Konsol Game Untuk Kado si Buah Hati

Maze Game

Maze Game sangat banyak ditemui saat ini. Maze game adalah jenis game yang kontennya teka-teki atau semacamnya. Ciri utama dari game ini, pemain harus menggerakkan atau menavigasikan objek-objek yang ada di dalamnya. Pasti Anda pernah memainkan game ini seperti Pac Man dan game produksi GameHouse.

Action

Game action membutuhkan aksi pemain dengan kecepatan, akurasi, dan ketepatan waktu untuk menghadapi sebuah rintangan. Jenis game seperti ini banyak disukai oleh anak-anak dan remaja saat ini. Seperti game perkelahian dan tembak-tembakan. Game ini membuat pemainnya terasa kental dengan suasanya yang ada di dalam game, disebabkan karena gerakan refleks yang sangat dibutuhkan. Jenis game ini kemudian terbagi lagi menjadi sub-jenis lainnya, misalkan saja fighting game dan FPS.

MMOFPS

Game Massively Multiplayer Online First Person Shooter (MMOFPS) adalah jenis dari game massively multiplayer online yang menggabungkan game first person shooter dengan dunia maya di mana sejumlah besar pemain dapat berinteraksi melalui internet. Sedangkan game FPS standar membatasi jumlah pemain untuk mampu bermain dalam pertandingan multiplayer. Ratusan pemain dapat bertempur satu sama lain pada server yang sama dalam sebuah MMOFPS. Contoh game yang terkenal saat ini adalah PB.

READ:  5 Alasan Mengapa Ipad Buruk Untuk Tumbuh Kembang Anak  

Action-Adventure

Game action-adventure adalah game yang menggabungkan unsur-unsur jenis komponen antara game action dan game adventure. Game ini umumnya menampilkan rintangan berjangka panjang yang harus diatasi menggunakan suatu alat atau item sebagai alat bantu dalam mengatasi rintangan,  juga terdapat rintangan yang lebih kecil yang hampir terus-menerus ada. Game action-adventure yang pertama diluncurkan adalah game Adventure (1979) dari Atari 2600 dan saat ini game action-adventure yang terkenal adalah Assasin.

(photo: hotgame-online.com)